Viral, Penampakan Pocong Ini Ramaikan Foto 360 di Google Maps

JAKARTA, PIJARNEWS — Setelah heboh tentang adanya penampakan pada foto 360 di Google Maps, gambar milik Tarbis Ribowo, pemilik foto 360 ini banyak diperbincangkan di media sosial Facebook dan Instagram.

Foto 360 yang diambil sekitar tahun 2017 lalu ini tampak biasa saja, namun setelah diputar dan zoom-in, tampak cukup jelas tampilan bayangan putih seperti pocong dengan mata merah di balik semak belukar.

Saat dihubungi oleh PIJARNEWS, Siang tadi, Minggu 28 Juli 2019, Dia mengatakan pengambilan gambar ini adalah untuk pengetesan fitur malam (low shutter speed) pada kamera 360 dan untuk memenuhi persyaratan menjadi SVTP (Street View Trusted photographer) yaitu mengupload foto 360 minimal 50 gambar.

Ternyata salah satu dari gambar tersebut menjadi heboh di daerahnya di Kedungwaru Kidul 2 pekan kemudian menjadi viral di media sosial dan beberapa media nasional kemarin.

“Tadinya sih gak ada niat buat posting foto ini, tapi karena banyak yang DM (pesan langsung) serta kasih komentar #pocong di postingan foto #lebaran keluarga, maka dari itu aku kirimlah postingan ini” katanya di akun instagramnya, artbiz360.

 

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

 

A post shared by ARTBIZ360 (@artbiz360) on

Waktu pengambilan gambar pemandangan ini sekitar jam 9-10 malam di daerah Kedungwaru, Kidul saat mencoba settingan kameranya. Meskipun melakukan pengeditan pada gambar, ia hanya melakukan ubah pencahayaan saja pada gambar tangkapan (captured) di gambar bayangan putih itu saja.

Terkait hal ini, salah satu pendiri Komunitas Street View Nusantara, komunitas kontributor foto 360 di aplikasi Google street view, Sri Sedono, saat dikonfirmasi oleh PIJARNEWS mengatakan, Untuk mengambil foto 360, dibutuhkan sekitar 30 detik untuk perekaman gambar dengan cakupan 360 derajat.

“Terlepas foto yang dikatakan penampakan pocong itu adalah hasil editan atau tidak, sangat sulit dan butuh waktu lama  memasukkan dan mengedit gambar pocong dengan tingkat ketepatan sesuai gambar aslinya” jawabnya .

Sebagai informasi, Tarbis Ribowo adalah juga terdaftar sebagai Trusted View Photografer di Google Street View dan saat ini juga sebagai anggota di komunitas Street View Nusantara.

Google Street View merupakan sebuah fitur Google Maps yang diperkenalkan tahun 2007 dan menyediakan pemandangan jalan 360° dan membolehkan pengguna melihat bagian dari kota yang mereka pilih dan wilayah sekitarnya.
(*)

 

Editor: Adil Abdillah

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda