Video : Mantan Honorer Ini Bangkit Berwirausaha, Tengok Aktivitasnya

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Jika memiliki hobi dan keterampilan, cobalah untuk mengasahnya lebih tajam lagi. Siapa tau anda bisa menjadikan hobi dan keterampilan tersebut sebagai penambah penghasilan.

Tengok saja, karier Jumardi Alias Saad, mantan Honorer di Dinas Kebersihan, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Selama dua tahun, Saad bergelut dengan lingkungan kebersihan dan taman. Ia pun terinsipirasi untuk mengembangkan bakatnya dengan cara membuat air mancur taman sejak tahun 2013.

Awalnya, memang sulit pot air mancur yang dibuat belum sebagus sekarang.  Namun dengan kegigihannya, Saad kini sudah bisa membuat air mancur taman dengan harga bervariasi. Antara 800 ribu hingga 5 juta rupiah per buah. Tergantung kualitas dan variasi pot air mancurnya.

Selain mempertahankan usaha pot air mancur, Saad kini membuat pot bunga biasa dan beragam jenis tanaman seperti bonsai. Usaha Saad ini telah berjalan selama enam tahun di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kilometer Lima, Dekat Kantor Kelurahan Lapadde, Kota Parepare.

Menurut Saad, untuk membuat pot bunga biasa menghabiskan waktu satu hari. Sedangkan pot air mancur menghabiskan waktu sepekan. Sebab meliputi proses pengeringan semen, pengecatan awal dan pengecatan tahap kedua untuk menghasilkan warna yang baik.

Untuk harga jualnya, Saad menjual pot bunga biasa dengan harga 20 ribu rupiah ukuran kecil, 70 ribu ukuran sedang dan 150 ribu ukuran besar.

Sedangkan harga pot bunga yang menggunakan kaki dijual 150 ribu rupiah. Untuk pot bunga air mancur yang telah siap jual dihargai  800 ribu rupiah ukuran kecil, 3,5 juta rupiah ukuran sedang, dan 5 juta  rupiah untuk ukuran besar.

Sedangkan untuk jenis tanaman yang siap jual seperti bonsai, paling murah 150 ribu dan paling mahal satu juta rupiah.

Saad mengaku telah menjual pot bunga air mancur di Parepare dan sekitar kawasan Ajatappareng terdiri dari Kabupaten Pinrang,  Sidrap, Barru dan Enrekang.

Saad mengaku memasarkan hasil kerajinan tangannya ini hingga ke kabupaten atau kota lain seperti Makassar. Saad mengaku hasil produknya berkualitas bagus dengan harga relatif murah.(*)

 

 

KAMERAMEN/NASKAH : ZULKARNAIN T

VOICE OVER : JANUWIKA RAMDHANI

EDITOR : TAMA KURNIAWAN

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda