Umpar Raih Kampus Swasta Terbaik Ketiga se-Sulawesi

Rektor Umpar Prof Siri Dangnga bersama Ketua BPH Umpar Yasser Latief (foto: Ris/PIJAR)

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Universitas Muhammadiyah Parepare (Umpar) kembali mencatat prestasi mengesankan. Kampus yang dipimpin oleh Prof Dr HM Siri Dangnga itu mraih predikat sebagai perguruan tinggi terbaik ketiga se-Pulau Sulawesi.

Prof Siri menjelaskan, berdasarkan penilaian tim independen dari Dikti, Umpar menempati posisi ketiga terbaik di Kopertis Wilayah IX se-Pulau Sulawesi. Diatasnya hanya ada UMI dan Universitas Atmajaya. “Umpar sukses menyisihkan 389 perguruan tinggi swasta lainnya yang turut dinilai,” jelas Prof Siri, yang didampingi Ketua BPH Yasser Latief (YL), Minggu 7/5.

Prof Siri mengurai, ada sejumlah kriteria penilaian yang dipenuhi Umpar sehingga berhasil mencatat prestasi itu. Diantaranya rasio jumlah dosen dengan mahasiswa, kualitas dan kualifikasi akademik dosen, akreditasi institusi dan prodi, kualitas aktifitas mahasiswa, serta penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Tahun lalu kita luluskan penelitian senilai total Rp2,8 miliar. Untuk tahun ini, sudah ada 54 judul penelitian yang siap lolos. Itu semua menjadi penilaian pihak Kopertis,” urainya.

Prof Siri menambahkan, Umpar menjadi satu-satunya kampus diluar Makassar yang mengelola program S3. Selain itu Umpar sukses meloloskan dua mahasiswa dalam program PKM, dan dua orang dosen yang memenangkan hibah Rp20 juta pertahun dari Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News