UM Enrekang Terjunkan Tim Pemulihan Trauma ke Masamba

Tim Relawan
Tim Pemulihan Trauma yang berangkat ke Masamba.

ENREKANG, PIJARNEWS.COM — Prodi Bimbingan dan Konseling dan Hima Prodi Bimbingan Konseling (BK)  Universitas Muhammadiyah (UM) Enrekang mengerahkan tim untuk membantu pemulihan trauma (Trauma Healing) setelah beberapa bulan terakhir diterjang banjir bandang.

Kordinator tim trauma healing yang juga mahasiswa dari Prodi Bimbingaan dan Konseling Universitas Enrekang Bintang Sukirwan mengatakan, tim yang terjun sebanyak 7 orang yang dipimpin langsung Kaprodi Bimbingan dan Konseling Muhammad Junaedi Mahyuddin. 

“Tim yang berangkat berjumlah 7 orang yang semuanya mahasiswa Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Enrekang. Kami berangkat pada tanggal 7-13 September 2020. Dan Insya Allah di Masamba kami berkordinasi dengan TIM MDMC Luwu Utara,” ujar Bintang Sukirwan.

Kaprodi Bimbingan dan Konseling Muhammad Junaedi Mahyuddin menyampaikan, tim ini memproritaskan pemulihan trauma kepada anak-anak.

“Karena beberapa pekan kemarin kami mendapat informasi air di Masamba masih selalu naik kepermukaan. Hal itu tentunya akan memberikan dampak terhadap perkembangan psikologis anak-anak,” ungkap Bang Juned, sapaan akrabnya, Rabu (9/9/2020).

Lanjutnya, kegiatan seperti itu sangat penting agar para korban khususnya anak-anak bisa melanjutkan kehidupannya secara normal tanpa dihantui rasa takut.

“Oleh karena itu, dibutuhkan trauma healing atau pemulihan trauma pasca terjadinya banjir.
Ada banyak cara yang bisa ditempuh dalam melakukan trauma healing pada anak-anak, trauma healing dapat dilakukan dengan beberapa metode, salah satunya melalui play therapy, melalui metode ini anak-anak diajak untuk mengatasi traumanya dengan media permainan,” tutup Kaprodi BK Universitas Muhammadiyah Enrekang ini. (*)

Reporter : Armin

Editor : Alfiansyah Anwar 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News