UKM Mapala Salawat UM Parepare Ajak Masyarakat Tanda Tangani Petisi Tidak Buang Sampah ke Laut

Masyarakat mulai mendatangani petisi komitmen tidak membuang sampah ke laut. (Foto: Sucipto)

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Salawat Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare menggelar Bazar Peduli Lingkungan dan Penandatanganan Petisi  Kesadaran Lingkungan, Sabtu (26/10/2019) di Pasar Senggol, Kota Parepare.

Ketua Panitia Bazar, Arifin Amrullah mengatakan, tujuan kegiatan tersebut yakni memberikan kesadaran kepada masyarakat agar peduli terhadap lingkungan. Selain itu, sambung Arifin, sosialisasi bahaya limbah plastik dan sampah di kawasan pesisir Kota Parepare.

“Tujuan petisi ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang limbah plastik dan sampah ke laut,” ungkap Arifin.

Menurut Arifin, akhir-akhir ini potensi kerusakan laut di Kota Parepare kian meningkat karena laut dijadikan tempat pembuangan sampah. Khususnya di sekitar Pasar Senggol yang menjadi pusat jual beli.

Penandatanganan petisi “Saya Berkomitmen Tidak Akan Membuang Sampah ke Laut,”  mendapat respons masyarakat Kota Parepare, utamanya pedagang dan pengunjung Pasar Senggol.

Selain itu, sambung Arifin, Bazar Peduli Lingkungan menukarkan biaya secangkir kopi untuk membeli bibit mangrove yang akan ditanam di sekitar pesisir pantai.

Arifin berharap kegiatan tersebut dapat mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Parepare agar dapat meningkatkan atensi masyarakat Kota Parepare tentang bahaya membuang sampah ke laut.

“Karena permasalahan sampah bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, tetapi merupakan tanggungjawab seluruh elemen masyarakat. Karena itu kita harus berperan aktif. Mulai dari diri sendiri agar tercipta lingkungan yang asri,” ungkap Arifin. (*)

Reporter : Sucipto Al Muhaimin
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda