TNI Dukung Penuh Basarnas Dalam Misi Pencarian Korban Lion Air

JAKARTA, PIJARNEWS.COM — Panglima TNI Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa TNI mendukung tugas dan fungsi Basarnas di bidang pencarian dan pertolongan (SAR).

“Sudah menjadi kewajiban TNI untuk mendukung pelaksanaan tugas di bidang SAR,” tegas Panglima saat mengunjungi Posko SAR Terpadu di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu 31 Oktober 2018.

Sejak mendapat informasi jatuhnya pesawat, unsur-unsur TNI khususnya yang berada di sekitar lokasi kejadian langsung melakukan koordinasi dan aksi pencarian dengan mengerahkan personil, sarana dan prasarana yang ada, termasuk mengerahlan KRI Rigel yang dilengkapi dengan peralatan deteksi bawah air.

Sementara itu Kabasarnas Marsdya TNI M Syaugi menegaskan bahwa sinergitas antara Basarnas dengan seluruh Potensi SAR, khususnya TNI – Polri sudah terjalin sangat erat pada setiap operasi SAR, baik kecelakaan, bencana, dan kondisi membahayakan jiwa manusia.

“Sinergitas dengan mengutamakan komunikasi dan koordinasi ini sangat menentukan keberhasilan dalam pelaksanaan operasi,” tegas Kabasarnas.

Selebihnya, Basarnas, TNI-Polri, serta stakeholder lainnya merupakan representasi dari pemerintah dalam memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, khususnya yang tengah mengalami musibah.

“Sekali lagi saya sampaikan bahwa ada tiga kata kunci pada setiap pelaksanaan operasi SAR. Yang pertama, kami selaku pemerintah, serius dan hadir saat terjadi musibah. Yang kedua, kami all out, dengan mengerahkan segala daya dan upaya kami, baik personil maupun peralatan yang ada untuk segera menemukan dan mengevakuasi seluruh korban.

Lebih lanjut dikatakan, operasi SAR ini, adalah misi kemanusiaan yang mulia. Untuk itu Basarnas memohon dukungan kepada seluruh elemen masyarakat, agar misi ini bisa membuahkan hasil yang maksimal.

“Kami bisa merasakan apa yang dirasakan masyarakat, khususnya para keluarga korban. Untuk itu, kami minta doa dari seluruh masyarakat, agar seluruh korban dapat kami temukan, dan dapat kami evakuasi apapun kondisinya,” tutur Kabasarnas.

Editor: Abdillah.Ms

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda