TMC Polres Parepare Akan Segera Beroperasi

TMC Polres Parepare
Ruangan Command Centre TMC Polres Parepare, yang ada di Satlantas (foto: Humas Polres Parepare).

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Meskipun sempat terkendala jaringan telkom dan listrik, namun dalam waktu dekat ini Kepolisian Resort (Polres) Parepare, Sulawesi Selatan, akan mengoperasikanTraffic Management Center (TMC).

TMC Polres Parepare ini dilengkapi dengan peralatan canggih berupa kamera Closed Circuit Television (CCTV) pada 18 titik jalan yang dianggap rawan. CCTV ini nantinya akan memantau kondisi jalan mana saja yang mengalami kepadatan arus lalu lintas atau kemacetan, serta kejadian kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Selain kondisi lalu lintas, TMC ini nantinya juga bisa memantau tindak kriminal yang terkoneksi dengan server yang ada di ruangan Satuan lalu lintas (Satlantas) Polres Parepare, yang dioperasikan oleh tenaga teknis profesional dan bersertifikasi.

Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi mengungkapkan, TMC yang diberikan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian RI ini, merupakan satu-satunya di tingkat Polres yang ada di Sulawesi selatan.

Pria Budi mengungkapkan, dengan hadirnya TMC di Kota Parepare ini, para pengendara yang melintas di 18 titik tersebut, akan mudah terpantau oleh kamera CCTV. Selain dipasang di Parepare, nantinya juga akan dipasang di wilayah Kabupaten Pinrang.

“Di Parepare kami akan pasangi CCTV di18 titik jalan yang menjadi prioritas, dan di Pinrang, ada dua. Nantinya, Parepare akan menjadi pusat TMC se-Ajattappareng, jadi bukan cuma Parepare yang kita pantau, tapi daerah-daerah di Ajattappareng,” ungkap Pria Budi, Kamis (1/2/2018).

Dengan adanya TMC ini, lanjut Pria Budi, maka akan lebih memudahkan anggota kami untuk memantau atau memonitor kejadian yang ada di Parepare, termasuk di wilayah Ajattappareng, seperti lakalantas, kemacetan, jambret, dan kasus kriminal lainnya. (abd)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda