Tingkatkan Kualitas Karya Jurnalistik, Pijarnews Utus Tujuh Jurnalis Diklat PWI Sulsel

Jurnalis Pijarnews antusias mengikuti Diklat Jurnalistik PWI Sulsel di Hotel Karebosi Condotel, siang tadi, Sabtu, 26 Oktober 2019. 

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM –Guna meningkatkan kualitas karya jurnalistik, manajemen media pijarnews.com mengutus tujuh orang wartawannya mengikuti Pelatihan Jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan (Sulsel). Kegiatan tersebut digelar di Hotel Karebosi Condotel, Makassar, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Pelatihan yang dilaksanakan PWI Sulsel bekerja sama Harian Fajar tersebut mengangkat tema “Jurnalisme Akurat, Cepat dan Anti Hoax”.

Sekretaris PWI Sulsel, Anwar Sanusi menyebut, ada 132 wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan media siber ikut dalam pelatihan ini. Rinciannya, 17 mengikuti pelatihan lanjutan dan selebihnya ikut pelatihan dasar.

“Peserta pelatihan berasal dari berbagai daerah di Sulsel dan Kendari, Sulawesi Tenggara,” ujar Anwar.

Wakil Ketua PWI Sulsel, Ismail Asnawi mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kualitas jurnalis di Indonesia khususnya di Sulsel.

“Berita akurat, tepat, cepat dan anti hoax ini menjadi tujuan utama kegiatan ini. Kami berharap jurnalis di Sulsel selalu menyajikan berita yang berimbang dan mengutamakan kepentingan khalayak ramai,” kata Ismail.

Menurutnya, tidak ada alasan bagi seorang wartawan untuk tidak menulis, sebab melalui tulisan seorang wartawan dapat memberi informasi publik kepada masyarakat.

Wartawan harus mengasah diri setiap saat, seperti banyak membaca, karena wartawan itu harus mengetahui berbagai sektor baik itu sosial, politik, ekonomi, hukum, etika jurnalis dan sebagainya.

Tampil sebagai pemateri yakni Usman Nukma (Teknik penulisan berita), Munjin Asyari (Teknik Wawancara), Nur Syamsu (Etika Jurnalistik) dan Ismail Asnawi (Penulisan Feature).

Usai mendapatkan materi, ratusan wartawan ini langsung mengikuti tes menjawab materi tentang jurnalistik. Umumnya seputar Undang-undang Pers Nomor 40 Tahun 1999 dan Kode Etik Jurnalistik. Setelah itu, peserta pelatihan langsung praktik menulis berita terkait kegiatan yang digelar pelatihan jurnalistik PWI Sulsel.

Alfiansyah Anwar, Direktur PT Pijar Media Global yang membawahi media siber Pijarnews.com mengapresiasi kegiatan yang digelar PWI Sulsel. “Ini menambah wawasan para jurnalis untuk bisa menampilkan karya terbaiknya,” ujar Fian–sapaan akrab Alfiansyah Anwar.

Sebelumnya, lanjut Fian, Pijarnews juga telah mengutus tiga jurnalisnya untuk ikut Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Dewan Pers kerja sama PWI Sulsel.

“Satu orang untuk UKW utama dan dua orang UKW muda,” ujar mantan Wartawan Harian Fajar ini. Dari 32 peserta UKW, yang dinyatakan berkompeten 27 peserta. (*)

Reporter : Sudarmin
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News