Tim Kesehatan Pelabuhan KKP Tangani Penumpang Kelelahan

 

PAREPARE, PIJARNEWS.COM–Meningkatnya jumlah penumpang yang menggunakan armada kapal laut pada arus mudik tahun ini, menyebabkan sejumlah penumpang pingsan saat turun dari kapal karena kelelahan. Hal itu terlihat di Pelabuhan Nusantara Parepare, Sabtu, 1 Juni 2019.

Dari pantauan pijarnews.com, memasuki H-4 pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, Pelabuhan Nusantara Kota Parepare terus dipadati penumpang. Mereka berasal dari pulau Kalimantan yang ingin mudik ke kampung halamannya.

Beruntung, Tim Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang bertugas di posko terpadu, terus bersiaga melayani penumpang yang mengalami gangguan kesehatan saat tiba di pelabuhan.

Seorang petugas kesehatan pelabuhan KKP, Deli Arusida, menjelaskan, sejak memasuki H-10 hingga H-4 pada mudik lebaran tahun ini sedikitnya empat penumpang yang jatuh pingsan akibat kelelahan

“Rata-rata yang kami tangani adalah kelelahan hingga jatuh pingsan karena beberapa faktor, bisa karena ada riwayat penyakit, dan suasana udara yang tidak normal seperti saat ini kepadatan penumpang menyebabkan sirkulasi udara tidak baik karena disesaki penumpang. Selama berposko sedikitnya sudah empat orang kami tangani sebagai penanganan pertolongan pertama,” urainya usai menangani penumpang.

Sejak dibukanya posko terpadu angkutan mudik lebaran tahun 2019, petugas tim kesehatan pelabuhan KKP terus bersiaga melayani pertolongan pertama kepada penumpang yang mengalami gangguan kesehatan.

Diprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare akan terjadi pada H-2. (*)

Reporter: Amiruddin
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda