Tersangka Sabu Kabur, Siapa Bertanggung Jawab ?

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Kaburnya M Ikhsan (16), tersangka kasus sabu 1,6 kilogram di Parepare menuai protes dari pelbagai kalangan. Siapa yang mesti bertanggungjawab atas hal tersebut?

Pengamat hukum M Nasir Dollo menyebut, dia sedari awal sudah menyoroti dilepaskannya Ikhsan. Kekhawatirannya bahwa tersangka bakal kabur ternyata terbukti. “Seharusnya kejaksaan sejak awal memperhitungkan hal ini. Tidak mengherankan kemudian, Parepare menjadi pintu masuk sabu yang paling nyaman,” kritiknya, Selasa 31/10.

Dia menjelaskan, lamanya berkas perkara itu bolak balik dari kejaksaan dan kepolisian, membuat masa penahanan terbuang percuma. “Sekarang pertanyaannya, saat sekarang berkas itu sudah diterima dan dinyatakan P21, apakah permintaan JPU menghadirkan dua tersangka lain terpenuhi? Ini yang publik ingin ketahui,” urai akademisi FH Umpar itu.

Sayang sekali saat akan dikonfirmasi, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Parepare Reskiana Damayanti tidak bisa menemui awak media. Dia beralasan sedang rapat, saat sejumlah wartawan menyambangi Kantor Kejari.

Sementara itu, MPC Pemuda Pancasila (PP) Parepare yang pernah menggelar aksi besar-besaran terkait kasus ini menyebut kaburnya M Ikhsan sebagai preseden yang memalukan.

“Hal ini sangat kami sayangkan. Sangat memalukan apabila pihak kejaksaan dan kepolisian kecolongan dalam kasus narkoba 1.6 kg ini. Kami meminta ini dipertanggungjawabkan. Sekali lagi ini hal yang sangat memalukan,” tegas Ketua MPC PP Fadly Agus Mante. (mul/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda