Terima Siswa Baru SMK Muhammadiyah Tawarkan Jurusan Menarik

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah Kota Parepare membuka penerimaan calon Peserta Didik Baru (PDB), untuk Tahun Ajaran 2019/2020, dan menawarkan dua program jurusan menarik, yakni Teknik Audio Video (TAV) dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Kepala Sekolah Muhammadiyah Parepare, Muh. Rusdi Asli mengatakan, program yang akan menjadi prioritas ke depan yakni keagamaan, dengan membentuk juga membina iman dan taqwa, akhlak, serta karakter.

“Program yang akan kami maksimalkan pelaksanaannya ke depan yakni Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) berstandar nasional pendidikan yang ke sembilan bagi perguruan Muhammadiyah, yaitu Al-Islam Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab (ISMUBA),” katanya, Kamis, 20/06/2019.

Selain itu, Rusdi mengungkapkan pentingnya penguasaan bidang keahlian dalam menghadapi Era Industri 4.0, yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

“Kami berkomitmen agar peserta didik dapat disiapkan sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, terdidik, dan professional sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing, serta siap menghadapi tantangan ke depan,” terangnya.

Rusdi juga menjelaskan, langkah strategis dalam rangka mewujudkan komitmen tersebut. Pihaknya telah mendesain untuk mendatangkan guru tamu yang ahli dibidangnya. Selanjutnya, peserta didik dilibatkan aktif langsung ke tempat dunia usaha, atau dunia industri melalui program kunjungan industri, dengan bekerjasama pada beberapa pihak dalam bentuk MoU.

“Saat ini kami menerapkan program yang melibatkan peserta dalam mendapatkan pengetahuan, dan pelatihan tentang Pendidikan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan, dan Baris Berbaris. Selain itu, peserta didik juga diberikan pengetahuan tentang tata tertib berlalu lintas, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan masalah kriminalitas,” paparnya.

Rusdi mengemukakan, hal tersebut nantinya akan diwujudkan melalui penandatanganan MoU dengan Kodim 1405 Mallusetasi, serta Kepala Kepolisian Sektor Soreang.

“Yang jelas, kami ingin menghasilkan lulusan-lulusan yang berkualitas, berakhlak, ahli dibidangnya serta menjadi tenaga siap untuk berkontribusi dalam berbagai lini kehidupan,” tandasnya.

SMK Muhammadiyah sendiri memiliki program ekstrakurikuler yang wajib di antaranya, Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM)/OSIS SMK Muhammadiyah Parepare, Pelatihan Dewan Sugli oleh Hisbul Watan Qabilah SMK Muhammadiyah Parepare, latihan Seni Bela Diri Tapak Suci oleh Cabang SMK Muhammadiyah Parepare. Sedangkan, kegiatan ekstrakurikuler pilihan yang diterapkan, yaitu paskibra sekolah, bola basket, futsal dan tennis meja.

SMK Muhammadiyah beralamat di Jalan Muhammadiyah Nomor 8, Lantai II Kelurahan Ujung Lare, Kecamatan Soreang Kota Parepare. Sekolah yang telah meraih pelbagai prestasi tersebut, terletak di tengah perkotaan dan dapat dijangkau dengan cukup sekali naik kendaraan umum atau pete-pete dari rute apapun dalam Kota Parepare. (rls/ibl)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda