Tak Butuh Waktu Lama, Usai Survei, BNI Syariah Langsung Bedah Rumah Warga Parepare Ini

PAREPARE, PIJARNEWS.COM —
BNI Syariah Cabang Parepare menggelar aksi kemanusiaan dengan memperbaiki rumah pasangan suami istri (Pasutri), Sainuddin dan Nursia. Rumah pasutri yang tidak layak huni itu terletak di Jalan Lanyer, Kelurahan Galung Maloang, Kecamatan Bacukiki, Kota Parepare pada Sabtu (4/7/2020).

Bedah rumah BNI Syariah Parepare ini merupakan program kemanusiaan dari Yayasan Khasanah Titik. Target penyalurannya tergantung kebutuhan masyarakat. Kali ini, program kemanusiaan bedah rumah diberikan kepada pasutri Sainuddin dan Nursia yang bekerja sebagai kuli bangunan dan pekerja sortir sampah plastik. Penghasilan keduanya tidak menentu.

Usai mendapat informasi mengenai hal tersebut, Petugas BNI Syariah
langsung melakukan survei lapangan.

Consumer Processing Head BNI Syariah Parepare, Abdul Rahman mengatakan, bedah rumah dilakukan setelah melakukan survei. Hasilnya, rumah pasangan suami istri yang tinggal di gubuk reyot tak layak huni itu langsung diperbaiki.

“Setelah kami lakukan survei ke lapangan ternyata memang sangat miris. Survei kami lakukan sore hari, besoknya kami lakukan pertemuan dan langsung diputuskan,” kata Rahman.

Penerima bantuan kemanusiaan tidak hanya fokus pada tempat tinggal yang tidak layak huni, tetapi lanjut Rahman juga untuk warga yang berpenghasilan tidak tetap dan kekurangan sandang, pangan, dan papan.

Rahman menjelaskan, dengan pertimbangan tersebut, dipilihlah dengan jalan berdonasi dalam bentuk bedah rumah. Sejalan dengan hal itu, Komunitas Relawan Kurir Langit juga turut berpartisipasi dalam aksi kemanusiaan tersebut.

Dana yang disalurkan sebesar kurang lebih Rp10 juta. Dana tersebut adalah gabungan donasi BNI Syariah dan Komunitas Relawan Kurir Langit.

“Dana 7,5 juta yang kami salurkan dalam bentuk pembelian bahan bangunan itu merupakan dana dari Program Hasanah Khatam Quran yang dilombakan pada ramadan baru-baru ini. Alhamdulillah BNI Syariah Parepare menjadi salah satu pemenang dan total Hadiah Rp7,5 juta. Hadiah ini pun bukan untuk kami bagi, melainkan keseluruhan untuk membantu warga kurang mampu,” ujar Rahman.

Proses pengerjaan bedah rumah itu sambung Rahman, masih dalam tahap pembongkaran dan pengerjaan rangka atap.

Langkah selanjutnya, kata Rahman, akan dilanjutkan Ahad besok hingga rampung.

Ia berharap, dengan adanya aksi kemanusiaan yang dilaksanakan BNI Syariah mampu menjadi ladang dakwah dan bisa mengetuk hati masyarakat untuk peduli sesama.

“Harapan kami semoga dengan adanya program ini, ke depan semakin banyak yang terketuk hatinya dan tergerak tangannya mengusir jerit duafa. Semoga BNI Syariah ke depan semakin berkah dan Hasanah. Amin. Mohon doakan kami untuk tetap berbuat yang terbaik buat warga kurang mampu,” tutup Rahman. (*)

Reporter : Sunarti Mansyur

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News