Surprise, Direktur PTKI Cek Langsung Pelaksanaan UM PTKIN IAIN Parepare

Direktur PTKI Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI, Prof Dr H Arskal Salim memantau pelaksanaan UM PTKIN IAIN Parepare, Selasa, 28 Mei 2019.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM–Pelaksanaan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (UM PTKIN) IAIN Parepare pada tahun ini terasa istimewa. Lantaran Direktur Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof Dr H Arskal Salim datang langsung ke kampus IAIN Parepare melakukan pemantauan terhadap pelaksanaan ujian UM PTKIN–IAIN Parepare, Selasa, 28 Mei 2019.

Direktur PTKI ini tiba sekitar pukul 09.00 wita di kampus IAIN Parepare dan disambut oleh Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan bersama dengan pimpinan kampus lainnya di ruang rektorat. Selang beberapa menit, Direktur PTKI didampingi Rektor IAIN Parepare langsung menuju ke lokasi ujian.

Mereka meninjau dan memantau secara bersama pelaksanaan UM PTKIN-IAIN Parepare yang berada pada tiga lokasi berbeda.

Awalnya, mereka berkunjung ke ruangan peserta ujian jurusan IPA/IPC di gedung perkuliahan FUAD dan selanjutnya ke ruangan laboratorium komputer untuk melihat peserta yang mengukuti ujian melalui sistem Computer Basic Text (BCT). Setelah itu, mereka melanjutkan pantauannya di gedung Auditorium. Lokasi ini adalah pusat pelaksanaan ujian karena menampung sekitar 960 peserta ujian.

Di tempat ini, kunjungan Direktur PTKI, sekitar satu jam. Dia berkeliling dalam gedung yang berkapasitas 2.000 kursi dan menyaksikan langsung peserta yang sedang serius menjawab soal-soal ujian. Sambil bercengkerama dengan Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan, Direktur PTKI mengecek dan memerhatikan langsung situasi ujian dari atas balkon lantai 2 gedung Auditorium.

Menurut Ahmad Sultra Rustan, Direktur PTKI sangat mengapresiasi pelaksanaan ujian UM PTKIN – IAIN Parepare yang terlaksana dengan aman dan lancar. Konsolidasi, koordinasi dan kerjasama semua elemen kampus, khususnya panitia, pengawas, dan pimpinan kampus sehingga ujian ini terlaksana dengan sukses.

Secara umum, pelaksanaan ujian UM PTKIN – IAIN Parepare berjalan dengan baik, aman dan lancar. Hampir tidak ada permasalahan serius yang dihadapi panitia, pengawas dan peserta ujian. Panitia lokal cukup lincah dan responsif dalam melayani peserta, baik dalam memberikan informasi maupun mengatasi aduan peserta. Sesuai dengan jadwal yang beredar, pelaksanaan ujian ini selesai pada pukul 13.00 wita.

Kehadiran Direktur PTKI ini disambut suka cita oleh seluruh civitas akademika IAIN Parepare. Mereka merasa surprise atas kedatangan Direktur PTKI untuk hadir bersama mereka saat melaksanakan tugas sebagai pengawas pada pelaksanaan ujian UM PTKIN – IAIN Parepare.

“Kunjungan beliau cukup spesial. Sebagai warga kampus, tentu saja kami berbangga hati karena kedatangan pejabat penting dari Kementerian Agama RI,” kata Sunandar, salah satu pejabat administrasi yang bertugas sebaga pengawas ruangan.

Rencananya, Arskal Muin akan memberikan pencerahan ilmiah kepada civitas akademik IAIN Parepare pada acara yang dikemas dalam Dialog Akademik dan Silaturahmi yang digelar sore harinya pada pukul 16.00 wita di Masjid kampus Al-Wasilah. Acara ini dirangkaikan dengan buka puasa bersama. (*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda