Stok Darah Menipis, PMI Parepare Ajak Warga Donor Darah

Stok Darah Menipis, PMI Parepare Ajak Warga Donor Darah
Ketua PMI Kota Parepare Taqiyuddin Jabbar saat ikut berdonor darah di Unit Transfusi Darah PMI Kota Parepare -- Foto : Mulyadi/Pijar --

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Parepare mengajak warga donor darah. Saat ini stok darah di PMI Parepare kian menipis akibat pandemi, itu disampaikan Ketua PMI Kota Parepare, Taqiyuddin Jabbar saat menghadiri kegiatan donor darah di Kantor Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Parepare, Minggu (9/8/2020).

Dalam aksi donor darah yang di ikuti puluhan relawan itu, Taqyuddin menjelaskan, kegiatan itu bukanlah kegiatanyang diagendakan khusus, namun merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pengurus PMI Kota Parepare.

“Ini karena efek pandemi, sehingga membuat orang agak enggan untuk berdonor. Kondisi ini juga membuat kita harus kerja keras untuk lebih gencar bersosialisasi bahwa kondisi ini jangan menghalangi kita untuk berdonor,” jelas taqiyuddin saat ditemui PIJARNEWS.COM usai donor darah.

Dengan berdonor darah, sambung dia, dapat melancarkan sirkulasi darah dan akan membuat imun atau sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih baik.

Ia pun berharap agar kesadaran warga untuk berdonor bisa lebih ditingkatkan. Sebab, lanjut dia, setetes darah sangat bermanfaat bagi keselamatan orang lain.

Salah seorang relawan yang juga ikut berdonor, Sugiratu mengatakan, banyak manfaat yang ia rasakan usai berdonor darah. Saat proses mendonor pun tidak dirasakan sakit. Ia juga menepis anggapan yang mengatakan jika setelah mendonor darah badan akan terasa lemas dan kepala terasa pusing.

“Justru sebaliknya, kalau kita sudah donor badan akan terasa sehat kembali. Apalagi kalau kita rutin tiap tiga bulan sekali, pasti manfaatnya akan kita rasakan,” kata Sugiratu.

Untuk diketahui, stok darah di PMI Kota Parepare, kian hari kian menipis. Itu terjadi akibat pandemi Corona. Stok darah yang paling dibutuhkan yakni, darah A, B dan AB.

Pada kegiatan itu, menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Pendonor yang hadir terlebih dahulu mencuci tangan sebelum masuk dan wajib menggunakan masker.(*)

Reporter : Mulyadi Ma’ruf

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News