Stok BBM Jenis Premium dan Solar Langka di Parepare

Antrean kendaraan di SPBU Ujung Bulu, Parepare.
Antrean kendaraan di SPBU Ujung Bulu, Parepare.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) terjadi di Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Rabu 28 November 2018.  Kelangkaan ini mengakibatkan antrean panjang di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Salah satunya di SPBU Ujung Bulu, Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

Pantauan PIJARNEWS, pemandangan antrean ini hampir setiap hari terjadi dan sudah berlangsung selama tiga pekan. Pemicunya diduga karena stok BBM jenis premium dan solar sering habis dan lambat disuplai dari Depot Pertamina.

Ratusan kendaraan tersebut mengantre hingga berjam-jam untuk mendapatkan BBM. Kondisi ini kerap mengakibatkan arus lalulintas di persimpangan empat SPBU Ujung Bulu macet.

Antrean pengendara sepeda motor mengisi BBM di SPBU Ujung Bulu.
Antrean pengendara sepeda motor mengisi BBM di SPBU Ujung Bulu.

Manager SPBU Ujung Bulu, Bram menjelaskan, sejak tiga pekan stok BBM jenis solar dan premium kerap habis karena tidak adanya suplay dari Pihak Pertamina. “Ini sudah kami lakukan koordinasi dengan pihak Pertamina, jadwal bongkar muat kapal minyak juga tidak menentu, sehingga BBM langka di Parpeare,” ujar Bram saat ditemui di SPBU Bernomor 74.911.60, Selasa 28 November 2018. 

Bram menambahkan, untuk mengatasi panjangnya antrean kendaraan, pihak pengelola SPBU mengeluarkan aturan baru dengan membatasi jatah untuk pembelian BBM jenis solar dan premium hanya 40 liter setiap kendaraan truk dan sejenisnya. Hal tersebut terpaksa dilakukan pengelola SPBU agar warga di Kota Parepare bisa secara merata mendapatkan BBM jenis solar dan premium. Pihak pengelola SPBU berharap Pertamina segera mengatasi kelangkaan ini. (*)

Reporter : Amiruddin 

Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda