Sosialisasi Pendidikan Pemilih, KPU Parepare Ajak Pemilih Muda Pahami Demokrasi

Sosialisasi Pendidikan Pemilih, KPU Parepare Ajak Pemilih Muda Fahami Demokrasi

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare menggelar sosialisasi pendidikan pemilih. Kegiatan itu dilakukan di Kampus STIH Amsir, Senin (26/10/2020).

Sosialisasi itu mengangkat tema, peran mahasiswa dalam merawat demokrasi untuk bangsa yang lebih baik. Sesuai tema, pesertanya pun dari kalangan mahasiswa.

Anggota KPU Kota Parepare Divisi Sosialisasi, Parmas dan SDM, Firman Mustafa menjelaskan, kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman tentang penerapan nilai-nilai demokrasi kepada mahasiswa.

“Demokrasi adalah kata kerja. Yang untuk mewujudkannya membutuhkan proses dinamis dan mesti diupayakan, karena demokrasi itu merupakan proses melaksanakan nilai-nilai civility (Kaeadaban) dalam bernegara dan bermasyarakat,” jelas Firman dihadapan peserta.

Firman mengkorelasikan antara demokrasi dan pemilihan umum. Kata dia, itu tidak bisa dipisahkan. Olehnya, disetiap sosialisasi yang dilakukan KPU Parepare, selalu menyisipkan nilai-nilai demokrasi .

“Jika nilai-nilai demokrasi sudah difahami secara benar, maka dalam pengambilan keputusan kita utamanya dalam memilih pemimpin di memontum kepemiluan, pilihan kita tidak akan mudah dipengaruhi,” ujarnya.

Untuk, tambah Firman, dalam merawat demokrasi , KPU Parepare selalu berupaya maksimal untuk menyasar semua segmentasi pemilih. Agar tidak ada yang merasa dibedakan dalam pemberian pemahaman tentang kepemiluan.

Sementara, Anggota KPU Kota Parepare Divisi Program dan Data, Mursalin Muslimin menambahkan, demokrasi menjadi poin penting dalam kepemiluan. Sebab, kata dia, sistem demokrasi memiliki keunggulan dibanding sistem yang lain.

“Yang menjadi keunggulan demokrasi sebab kedaulatan tertinggi ada di tangan rakyat,” ucapnya.

Pada kegiatan itu, tetap menerapkan protokol kesehatan. Peserta wajib mencuci tangan sebelum masuk. Memakai masker dan menjaga jarak. KPU Parepare juga telah menyediakan Hand sanitizer.(*)

Reporter : Mulyadi Ma’ruf

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News