Sidrap Produksi Telur 2 Juta Butir Setiap Hari, Menristek Sebut “Luar Biasa”

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM-Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) RI, Bambang Brodjonegoro melakukan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (31/10/2019).

Ada yang menarik. Bambang Brodjonegoro terlihat beberapa kali geleng-geleng kepala saat mengetahui jika daerah yang dikunjunginya itu, ternyata sentra budidaya ayam ras (Petelur) di Sulsel.

“Ternyata Sidrap ini luar biasa ya. Produksi telur ayam ras disini banyak banget, apalagi berasnya. Banggalah menjadi masyarakat Sidrap,” tutur Bambang Brodjonegoro yang mengaku baru kali pertama menginjakkan kaki di Sidrap itu seperti dikutip dari fajar.co.id.

Sebelumnya, kunjungan Menristek itu memang diawali dengan sambutan oleh Bupati Sidrap, Dollah Mando.

Orang nomor satu di Bumi Nene Mallomo tersebut menyampaikan keberhasilan sektor pertanian dan peternakan di Sidrap.

Untuk sektor pertanian, beber Dollah Mando, Sidrap memiliki areal persawahan produktif seluas 48 ribu hektare.
Sidrap, sebutnya, mampu memproduksi padi sebanyak 62. 667 Gabah Kering Giling (GKG) atau setara 400 ton beras sekali panen.
Dengan produksi padi yang begitu banyak, Sidrap mengalami surplus beras
200 ribu ton pertahun dan menjadi penyangga stok pangan nasional.

Selain sektor padi atau perberasan, sambung Dollah Mando, Sidrap juga memiliki komoditi andalan lainnya seperti ayam ras dan bukan ras.

“Untuk ayam ras, populasinya ada sekira 5,2 juta dengan jumlah produksi telur mencapai 2 juta butir setiap hari,” akunya. (*)

Sumber : Fajar.co.id
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda