Segera Jadi IAIN, STAIN Parepare Usulkan 10 Prodi Baru

STAIN Parepare

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Parepare akan segera berubah menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN). Salah satu syarat pendukung yang disiapkan adalah penambahan program studi (prodi) baru.

Wakil Ketua I Stain Parepare, Muh Djunaedi mengatakan penambahan prodi adalah instruksi ketua Stain. Pihaknya sudah menyerahkan proposal penambahan prodi kepada Kementerian Agama di Jakarta. Dia merinci, 10 prodi itu nantinya terbagi menjadi dua prodi pada jurusan Dakwah dan Komunikasi, tiga pada jurusan Syariah dan Ekonomi Islam dan lima pada jurusan Tarbiyah dan Adab.

“Pembukaan prodi-prodi baru sangat memungkinkan. Namun dari 10 yang kita usulkan, tidak mungkin semua diterima. Semoga ada 5 sampai 7 prodi yang diakomodir pusat,” jelas Djunaedi saat ditemui PIJAR akhir pekan lalu.

Sebelumnya, November lalu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin telah memastikan perubahan status STAIN menjadi IAIN segera dilakukan. “STAIN ini tinggal menunggu waktu saja untuk berubah menjadi IAIN. Prosesnya sudah di KemenPAN-RB. Mudah mudahan sarat-sarat untuk menjadi IAIN segera terpenuhi sehingga tidak ada kendala untuk menjadi IAIN,” terang Menag waktu itu.

STAIN Parepare saat ini mempunyai 3 Jurusan, yakni Tarbiyah dan Adab, Syariah dan Ekonomi Islam, serta Komunikasi dan Dakwah. Selain itu, STAIN Parepare juga membuka Sekolah Pasca Sarjana. Kini, dengan 17 prodi dan pasca sarjana, STAIN Parepare mempunyai hampir 5.000 mahasiswa. (red/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News