SAR Pinrang Turut dalam Tim Siaga Merah Putih di Puncak Gunung Bawakaraeng

PINRANG, PIJARNEWS.COM–Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT kemerdekaan RI tak jarang digelar di Puncak Gunung Bawakaraeng, oleh para penggiat alam bebas.

Tim SAR gabungan di bawah kendali Basarnas makassar membetuk tim siaga merah putih untuk menjaga situasi dan kondisi para pendaki yang melaksanakan upacara hut RI di puncak gunung Bawakaraeng tersebut.

Diperkirakan para petualang yang merayakan Hut Kemerdekan di puncak gunung Bawakaraeng, Kabupaten Gowa, biasa mencapai ribuan pendaki.

Ketua SAR Pinrang Feris mengatakan, TIM SAR Pinrang juga turut mengutus dua orang anggotanya, masing-masing Akbar dan Ambe untuk melakukan misi kemanusian tersebut dan bergabung dalam tim siaga merah putih.

“Kami utus 2 anggota kami bergabung dengan Potensi SAR se Sulaweai Selatan melakukan siaga merah putih, mereka sudah bergabung bersama tim lainnya hingga HUT RI usai dilakukan di Puncak Gunung,” ujarnya, Sabtu (15/8/2020)

Berdasarkan pengalaman tiap tahunnya, lanjutnya, ada pendaki yang usai upacara biasanya ada yang mengalami trubble sehingga harus di tandu turun.

Meski demikian kata Feris, kondisi tahun ini kemungkinan berbeda karena adanya ancaman covid-19, sehingga, para pendaki wajib mematuhi protokol kesehatan dan diperkirakan juga berpengaruh pada jumlah orang yang turut dalam pendakian saat menjelang HUT Kemerdekaan.

Data terakhir di perkirakan ada 6000 pedaki yang saat ini berada di puncak gunung tersebut.

Reporter: Fauzan Mahmud

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News