Rumah Tempat Lahir BJ Habibie Jadi Cagar Budaya

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe meninjau rumah tempat kelahiran Habibie akan dijadikan museum, Rabu, 11 September 2019. (FOTO: HUMAS PEMKOT PAREPARE

PAREPARE, PIJARNEWS.COM–Rumah tempat kelahiran Presiden Ketiga RI, BJ Habibie kini menjadi tempat bersejarah dan masuk kategori cagar budaya. Rumah tersebut kini menjadi rumah jabatan Kepala BNI Cabang Parepare, Sulsel.

Rumah tempat lahir BJ Habibie tersebut berada di Jalan Pantai Senggol, dekat Pelabuhan Nusantara, Parepare.

Pemerintah Kota Parepare menjadikan rumah ini sebagai bangunan cagar budaya yang wajib dilindungi dan dijaga.Konim, rumah ini sudah beberapa kali direnovasi.

Salah seorang warga yang tinggal dekat rumah tempat lahir Habibie, Saharia mengaku pernah melihat BJ Habibie bersama jajaran Pemkot mengunjungi rumahnya di masa kecil. Konon di rumah ini, Habibie sempat menjadikan halaman rumahnya sebagai tempat bermain kelereng.

Selain rumah ini, orang tua Habibie juga konon pernah tinggal di Jalan Bau Massepe, tepatnya di rumah almarhum Usman Bali, salah seorang pejuang kemerdekaan. Di rumah tersebut, dulu pernah tersimpan lemari dan tempat tidur orang tua BJ Habibie.

BJ Habibie menjadi salah satu tokoh idola warga Parepare. Betapa tidak, Habibie yang jenius membuat pesawat dan pernah sekolah di Jerman, pernah menjadi Menristek di era Presiden Soeharto. Habibie kemudian menjadi wapres lalu menjadi Presiden RI ke-3. (*)

Reporter: Alfiansyah Anwar
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda