Ribuan Warga Parepare Salat Idul Adha Bersama TNI Kodim, Sembelih 3 Ekor Sapi Kurban

Ustadz Muhammad Amin Iskandar membacakan khutbah saat pelaksanaan Idul Adha di Makodim 1405 Mallusetasi, Parepare, Ahad (11/8/2019).

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Anggota TNI Kodim 1405 Mallusetasi lebaran Idul Adha 1440 hijriyah bersama ribuan warga di Kota Parepare,  Sulawesi Selatan. Pelaksanaan salat Idul Adha tersebut digelar di Halaman Markas Kodim Parepare, Jalan Jenderal Ahmad Yani, poros Parepare-Sidrap, Ahad (11/8/2019).

Lebaran Idul Adha ini merupakan pertama kalinya digelar untuk lebih mendekatkan TNI dengan warga. Kali ini, Kodim Parepare menyembelih tiga ekor sapi untuk dibagikan kepada warga kurang mampu.

Usai salat Idul Adha, ratusan jamaah khusuk mendengarkan khutbah Idul Adha 1440 hijriyah yang dibawakan Ustadz Muhammad Amin Iskandar.

Dalam khutbahnya, Amin Iskandar mengingatkan kepada para jamaah untuk berupaya meneladani kesalehan Nabi Ibrahim dan anaknya, Nabi Ismail.

Menurut Amin, ibadah kurban mengajak kita untuk senantiasa bisa berkorban, baik korban materi maupun korban jiwa dan raga. “Ini penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, karena banyak masyarakat yang sangat berat berkorban, utamanya korban perasaan. Sebab kadang-kadang hanya mau mementingkan diri sendiri, bahkan bersifat ambivalen dalam melaksanakan segala aktivitas kehidupannya. Sehingga kita tidak ketahui, arah sesungguhnya kemana. Mereka enggan berkorban atau mengalah sedikit pun untuk kepentingan bersama,” ujar Amin kepada PIJARNEWS usai membawakan khutbahnya.

Dandim 1405 Mallusetasi, Letkol (Arm) K. Adi Hamsyah

Di tempat yang sama, Komandan Kodim 1405 Mallusetasi, Letnan Kolonel (Arm) K. Adi Hamsyah mengatakan, tema kegiatan yakni menjadikan Idul Adha 1440 hijriyah/ 2019 Masehi sebagai momentum peningkatan ketaqwaan dan semangat rela berkorban guna mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat.

Menurut Adi, lebaran Idul Adha ini baru pertama kali digelar di halaman Makodim. Namun sebelumnya, pelaksanaan Idul Fitri juga sudah satu kali digelar. Tujuan pelaksanaan Idul Fitri dan Idul Adha di Makodim, lanjut Adi, semata-mata  untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah Subhana Wataala. “Selain itu, Tentara Nasional Indonesia juga harus dekat dan berbaur bersama masyarakat,” ujar Adi yang dalam waktu dekat akan pindah tugas setelah 21 bulan bertugas di Kodim 1405 Mallusetasi, Parepare.

Momen Idul Adha ini, sambung Adi, jajaran Kodim Parepare menyembelih tiga ekor sapi kurban. “Daging sapi kurban tersebut nantinya akan dibagikan kepada warga yang kurang mampu,” tandas Adi.  

Salah seorang warga Labukkang, Sitti Ramlah, mengaku senang bisa berlebaran bersama anggota TNI Kodim 1405 Mallusetasi, Parepare.  “Saat mengetahui ada lebaran bersama TNI di Makodim, saya bersama keluarga datang ke halaman Makodim. Suasana lebaran di sini cukup berbeda. Sebab kami sebagai warga bisa melihat lebih dekat Kantor Kodim yang indah, asri dan bersih. Shaf jamaah juga tertata rapi, tertib, dan tidak ribut,” kata Ela, sapaan akrab Sitti Ramlah. (*)

Penulis : Alfiansyah Anwar

 

  

 

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda