Rektor IAIN Parepare Dorong Peningkatan Revolusi Metode Perkuliahan di Masa Pandemi

PAREPARE, PIJARNEWS.COM–IAIN Parepare menggelar Rapat Akademik jelang akhir semester genap 2019/2020 secara virtual, Selasa (23/6/2020).

Rapat itu diikuti Rektor, Wakil Rektor, Kepala Biro, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana, Ketua LPM, Kepala Pusat Penjaminan Mutu, Tim Zona Akreditasi, Dekan Fakultas, Wakil Dekan, serta Ketua Program Studi lingkup IAIN Parepare.

Rapat digelar sebagai evaluasi pelaksanaan kuliah semester genap tahun ajaran 2019/2020.

Rektor IAIN Parepare, DR. Ahmad Sultra Rustan dalam arahannya menyampaikan beberapa poin penting terkait pelaksanaan perkuliahan selama satu semester yang dilakukan secara daring akibat mewabahnya pandemi covid-19.

Dr. Ahmad Sultra Rustan menyampaikan soal kebijakan dan aturan yang sangat cepat mengalami perubahan akibat penyesuaian-penyesuaian dengan kondisi yang secara eskalasi berubah dalam waktu singkat, termasuk di IAIN Parepare.

“Hampir semua aturan negara dan lembaga berubah secara signifikan dan berlaku sangat tentatif karena adaptasi dengan kondisi yang ada. Rekonstruksi kebiasaan pun ikut berubah termasuk dalam perkuliahan di tengah kesulitan yang dihadapi akibat pandemi sekarang ini,” ujar Rektor.

Beberapa poin terkait kebijakan yang telah ditetapkan untuk menyiasati kesulitan selama pandemi, diantaranya perpanjangan masa perkuliahan semester genap, untuk memberikan kesempatan kepada dosen menyelesaikan durasi perkuliahan.

“Di balik ini semua ada hikmah besar bagi kita semua, bahwa metode pembelajaran dilakukan dengan adaptasi penuh pada e-learning, dengan menggunakan beberapa fasilitas aplikasi yang ada. Kondisi yang memaksa ini telah membuat melakukan penyesuaian diri dengan cepat. Adapun semester mendatang diharapkan tetap dipertahankan dan perlu ditingkatkan meskipun sudah memasuki kondisi normal,” papar Ahmad Sultra Rustan.

Rektor berharap, semua dosen menggunakan sistem evaluasi Ujian Akhir Semester (UAS) semester genap dengan objektif. Ke depan kata dia, dosen dapat menyiapkan bank soal untuk menghadapi masa ujian semester. Serta, persiapan menyambut semester ganjil mendatang dengan metode pembelajaran yang lebih variatif dengan menggunakan Teknologi Informasi.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News