Raih Keutamaan 10 Hari Pertama Ramadan dengan Amalan Ini…

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Rasulullah SAW dalam sebuah hadisnya menjelaskan bahwa disepuluh hari pertama Ramadan, Allah SWT menurunkan rahmat-Nya.

Ketua Tanfidziyah NU Parepare Hannani Yunus (foto: handover)

Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Parepare Hannani Yunus menjelaskan, kata Rahmat dipahami sebagai kasih sayang Allah, karunia dan kelebihan yang dicurahkan kehambanya, utamanya yang berpuasa dibulan di bulan ramadan.

“Rahmat Allah itu meliputi segala sesuatu (Al-A’raf:156), jika rahmat Allah terputus sedetik saja, maka alam ini akan hancur binasa. Kita bisa beraktivitas karena rahmat-Nya” ungkapnya.

Hannani lanjutkan, pada dasarnya, ulama membagi rahmat atas dua yaitu, rahmat umum dan khusus. Rahmat umum diberikan kepada seluruh makhluknya, sedangkan rahmat khusus hanya diberikan kepada hamba-Nya yang beriman dan taat kepada-Nya.

“Oleh karena itu, dibulan Ramadan utamanya disepuluh hari pertama, Allah akan mencurahkan rahmat-Nya kepada umat Islam dengan ketaatan dan ibadah yang dilaksanakan selama Ramadan” jelasnya.

Amalan yang baik selama sepuluh hari pertama adalah gemar menolong, melaksanakan amar ma’ruf, bertaubat atas maksiat yang telah dilakukannya, dan menggiatkan ibadah dengan ikhlas, termasuk memperbanyak membaca Alquran.

“Allah swt berfirman dalam al-Qur’an surat al-Naml:46 “hendaklah kamu meminta ampunan kepada Allah, agar kamu mendapat Rahmat-Nya,” urai Hannani. (mul/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News