Forum Pengembang Ajatappareng

Rahasia Bisnis Sukses dan Berkah (Bagian 7)

Banyak Doa dan Tawakkal

Oleh : Hamka

Beberapa amal shaleh yang harus dimiliki oleh seorang pebisnis, yaitu keyakinan tentang penguatan ruhiah atau kekuatan hati terjalin dengan maha pemberi rezeki, agar kita bisa mendapatkan pertolongan Allah Swt, tentu melalui doa yang kita panjatkan disetiap ibadah. Orang yang hanya berusaha tanpa doa dia tergolong orang yang sombong.

Kekuatan itu hanya datang dari Allah Swt, kita hanya berusaha dan Allah yang menentukan.

Doa dari aspek ruhiah seperti shadaqah, shalat dhuha, shalat tahajud, tawakal, bersyukur, adalah pintu-pintu untuk memperlancar mendapatkan rezeki. Terkadang untuk mendatangkan rezeki dari langit perlu diketuk lewat doa-doa yang kita panjatkan.

Penulis mengutip dalam buku ” Mempercepat datangnya rezeki” oleh Dr. KH. Mukhlis Aliyudin, M. Ag. Ada tiga macam rezeki yakni:

1. Rezeki yang tanpa kita minta dan tanpa kita usahakan telah diberikan Allah SWT kepada kita.

2. Rezeki yang kita peroleh melalui ikhtiar dan kerja keras.

3. Rezeki yang diberikan Allah SWT yang tidak disangka-sangka.

Taqwa & Tawakkal

Allah SWT berfirman, “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah SWT nicaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar dari kesulitan, dan memberikan rezeki kepadanya dari jalan yang tidak pernah diduga. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan (yang dikehendaki)-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.” (QS. Al-Thalaq [65]:2-3).

Perbanyak Istighfar dan Taubat.

Allah SWT berfirman, “Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula (di dalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh [71]: 10-12).

Sholat Dhuha.

Rasulullah SAW bersabda, “Hai anak Adam, tunaikanlah kewajibanmu untuk-Ku yaitu sholat empat rakaat pada pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi sepanjang harimu.” (HR. Ahmad dan Abu Ya’la).

Itulah kekuatan ruhiah rahasia dari sebuah kesuksesan dan keberkahan dalam usaha. Yang perlu kita ingat seorang pengusaha muslim jangan abaikan ibadah ditengah kesibukan, lalu memintah pertolongan Allah Swt. Terkadang “Alfatiha kita terbalik” iyyaka nasta’inu wa iyyaka na’budu, minta dulu baru ibadah. Nanti proyek jalan baru sedeqah, nanti lulus ujian baru puasa, nanti bisnis sukses baru berinfak. Padahal seharusnya kita sedeqah untuk memuluskan proyek, puasa dulu untuk memudahkan lulus ujian, rajin berinfaq supaya cepat sukses.

Pembagian rezeki memang sudah menjadi urusan dan rahasia Tuhan. Namun demikian, tak salah jika manusia berharap, berdoa, dan berusaha mencari rezeki sebanyak-banyaknya demi kelancaran hidup dan bisa banyak bersedekah.

Hasbiyallahu laailaahailla hua’alaihi tawakkaltu wahuwa robbul’arsyil azhiimi.
Artinya: “Allah telah mencukupkan padaku, tiada Tuhan melainkan Engkau dan pada-Mu aku berserah diri, Engkau Tuhan yang menguasai arasy yang besar.”

Semoga kita tidak terpedaya dunia, dan hanya untuk Allah.

Atas segala kekurangan penulis, mohon doanya semua pembaca semoga Rahasia Bisnis Sukses dan Berkah ini, bisa dibukukan (bagian 1 sampai 7) agar lebih lugas dan mencerahkan.

Salam Sukses dan Berkah.

Wallahu a’lam

Penulis, Owner Sinar Agung.
Distributor Alat Tulis Kantor.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News