Rahasia Bisnis Sukses dan Berkah (Bagian 3)

Rajin Bersedekah

Oleh : Hamka*

Setiap insan pebisnis perlu mempelajari ilmu sedekah, meskipun terdengar sederhana dan tidak lazim lagi karena sudah sering mendengar materi ceramahnya. Tapi memang ternyata sedekah mampu membangun bisnis kita penuh berkah. Jelasnya faedah sedekah menurut Qur’an dan Sunnah ada empat : Menolak bala, Mendatangkan rezeki, Menyembuhkan penyakit dan Memanjangkan umur.

Zakat dan sedekah adalah salah satu amalan yang menjadi penyebab turunnya keberkahan. Masih banyak orang yang belum tahu tentang pengaruh sedekah yang luar biasa, sehingga lebih memilih menyimpan hartanya dengan baik. Setiap hari, ia memandangi angka-angka dalam buku rekeningnya, yang sebenarnya semakin berkurang keberkahannya karena tidak pernah disedekahi. Padahal zakat itu cuman satu kali satu tahun kita keluarkan 2,5% dari penghasilan atau harta yang kita miliki, hingga harta kita menjadi suci, bersih dan subur.

Betapa Allah swt akan melipat gandakan hartanya, bagi mereka yang mau bersedekah, dengan menunaikan zakat dan sedekah akan semakin dilipatgandakan pahala hingga 700 kali lipat. Seperti disebutkan di dalam ayat:

مَّثَلُ الَّذِينَ يُنفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنبُلَةٍ مِّئَةُ حَبَّةٍ وَاللّهُ يُضَاعِفُ لِمَن يَشَاء وَاللّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir terdapat seratus biji. Allah melipatgandakan bagi orang yang ia kehendaki. Dan Allah maha luas lagi maha mengetahui.” (QS Al-Baqarah).

Sedekah memancing rezeki.

Ada ungkapan, “Jangan tunggu kaya untuk bersedekah” ini sesuai dengan sabda Nabi Saw “Sedekah membuat orang semakin banyak hartanya, maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah swt akan melimpahkan rahmatnya”.

Sedekah tidak mengenal waktu.

Kapan pun kita boleh bersedekah, baik dalam keadaan lapang ataupun sempit karena itu dalam Al Quran disebutkan termasuk ciri-ciri orang yang beriman. Orang yang bersedekah tidak perlu memikirkan apa yang disedekahkan, banyak kisah orang-orang yang bersedekah dengan seluruh hartanya atau satu-satunya barang yang ia miliki, padahal ia sendiri membutuhkannya. Janji Allah memang pasti, dalam waktu yang tidak terlalu lama iapun mendapatkan gantinya.

Sebut saja namanya pak Arif, ia menyedekahkan 1.000 rupiah miliknya saat itu. Padahal bensin motornya habis, sehingga ia terpaksa mendorong motor tersebut miliknya, ketika itu Allah membalas sedekahnya dengan mengirimkan seseorang kawan lamanya yang kebetulan melintas, ia membelikan Arif bensin 1 liter di SPBU, artinya Allah membalas sedekah Arif 700 persen.

Tidak hanya itu, sambil menemani Arif mengisi bensin motornya, sahabat lamanya itu bertanya tentang keluarga Arif, ternyata Arif curhat masalah ekonomi keluarganya, dan setelah mendengar penuturan Arif, kawan lamanya itu memasukkan 10 lembar uang 50.000 ke dalam amplop lalu memberikan kepada Arif. Subhanallah luar biasa balasannya di dunia apalagi balasan diakhirat kelak.

Jangan menunda-nunda sedekah.

Dalam melakukan kebaikan, dianjurkan untuk tidak menunda, termasuk kebajikan bersedekah, mumpung badan kita masih sehat, usaha kita masih lancar. Dalam sebuah riwayat dari Abu Hurairah r.a, ia berkata seseorang datang kepada Rasulullah Saw lalu bertanya, Ya Rasulullah sedekah manakah yang lebih besar pahalanya? Rasulullah menjawab : “Bersedekah dalam keadaan sehat, sedang engkau amat cinta kepada harta, dan takut miskin mengharapkan kekayaan. Oleh sebab itu jangan menunda sehingga apabila roh sudah sampai ditenggorokan, lalu kamu berwasiat untuk si fulan sekian, si fulan sekian, padahal waktu itu harta telah menjadi milik fulan (ahli waris) HR Bokhari Muslim.”

Jangan takut miskin.

Masih banyak orang ragu dalam bersedekah, ada perasaan berat ketika harus melepaskan barang atau harta kesayangannya, tiba-tiba muncul rasa takut hartanya akan berkurang, itu adalah bisikan setan agar orang itu membatalkan niatnya dengan berbagai bisikan ketakutan. Allah Swt, berfirman : “Setan menjanjikan (menakuti kamu) dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir) sedang Allah menjanjikan untukmu ampunan dan karunia. Dan Allah maha luas karunianya dan lagi maha mengetahui (QS Albaqarah 268). (Bersambung).

Wallahu a’lam
#Garbiforumleadership
#PegiatMasyarakatTanpaRiba.
#DakwahSinarAgung.

*Penulis adalah pendiri Sinar Agung, bisnis fotocopy dan swalayan ATK di Jalan Jenderal Sudirman depan Kantor BPJS Parepare.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News