Prodi Kesehatan Masyarakat Fikes UM Parepare Berhasil Tingkatkan Nilai Akreditasi

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Kerja keras tidak menghianati hasil. Begitulah perjuangan Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat ((UM)  UM Parepare sehingga berhasil meningkatkan nilai akreditasi.

Hasil tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Perkumpulan LAM-PT.Kes. Nomor 0396/LAM-PT.Kes/Akr/Sar/VII/2019 tertanggal 28 Juli 2019 yang menetapkan bahwa Program Studi Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Parepare Status Terakreditasi dengan Peringkat Baik (B). Ketua Prodi Kesehatan Masyarakat, Ayu Dwi Putri Rusman mengatakan bahwa hasil ini merupakan hasil kerjasama seluruh Civitas Akademika Fikes UM Parepare. Kegiatan Visitasi/ Asesmen Lapangan Prodi Kesehatan Masyarakat dilakukan pada tanggal 14-16 Juli 2019 oleh Asesor LAM-PT.Kes yakni Dr Nurjazuli, SKM, M. Kes (Universitas Diponegoro, Semarang) dan Suratman, SKM, M. Kes, Ph.D (Universitas Jenderal Soedirman, Purwekerto).

Wakil Dekan I Fikes, Usman mengatakan akreditasi Prodi Kesehatan Masyarakat merupakan yang ketiga kalinya, namun Akreditasi sebelumnya masih dilakukan oleh BAN-PT sedangkan di tahun 2019 ini dilakukan oleh LAM-PT.Kes.

Walaupun Indikator Penilaian dalam Borang LAM-PT.Kes semakin tinggi, lanjut Usman, namun Prodi Kesehatan Masyarakat dapat meningkatkan nilai akreditasnya. “Jika tahun sebelumnya Nilai Akreditasi 312 (Terakreditasi B) dan sekarang alhamdulillah tahun 2019 ini meningkat menjadi 329 (Terakreditasi B). Hasil ini merupakan buah dari kerja keras seluruh civitas akademika Fikes UM Parepare dan dukungan dari civitas akademika UM Parepare secara umum serta dukungan dari alumni dan stakeholder,” ujar Usman.

Ia menambahkan, meningkatnya nilai akreditasi ini merupakan buah dari komitmen seluruh Civitas akademika Fikes UM untuk meningkatkan mutu dan kualitas Catur Dharma Perguruan Tinggi pada Prodi Kesehatan Masyarakat, baik Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat Maupun Al-Islam Kemuhammadiyahan.

Dekan Fikes UM Parepare, Haniarti, mengatakan bahwa hasil akreditasi tahun ini menunjukkan bahwa proses perbaikan mutu dan kualitas Prodi Kesehatan Masyarakat senantiasa berkesinambungan. “Civitas akademika Fikes berkomitmen untuk senantiasa melakukan perbaikan dan pembenahan untuk lebih meningkatkan mutu untuk menuju pada Program Studi Kesehatan Masyarakat yang Unggul khususnya pada peningkatkan kualitas sarana dan prasarana perkuliahan, sumber daya manusia, kurikulum dan meningkatkan publikasi dan sitasi dalam penelitian serta pengabdian kepada masyarakat,” ujar Haniarti.

Dengan demikian, sambung Haniarti, dengan hasil akreditasi ini, masyarakat tidak akan ragu untuk melanjutkan pendidikan pada Program Studi Kesehatan Masyarakat Fikes UM Parepare.

Sekedar diketahui bahwa Prodi Kesehatan Masyarakat Fikes UM Parepare masih menerima Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2019-2020 dengan membuka empat peminatan yaitu Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Epidemiologi, Gizi dan Kesehatan Lingkungan. (rls)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda