PLTB Tahap II Segera Dibangun, Wabup Sidrap Minta Tenaga Kerja Lokal Diprioritaskan

SIDRAP, PIJARNEWS.COM– Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, dalam waktu dekat ini kembali akan dibangun pada tahap ke-2 di kuartal ke-2 tahun 2019 mendatang. Sehubungan hal itu, UPC Renewables selaku pelaksana proyek menggelar sosialisasi di Aula SKPD Sidrap, Selasa (22/1/2019).

Sosialisasi berlangsung di Aula SKPD Sidrap. Sebagai peserta, para kepala SKPD, camat, lurah dan kepala desa yang wilayahnya jadi lokasi pembangunan proyek.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Sidrap, H Mahmud Yusuf serta Dandim 1420 Sidrap, Letkol JP Situmorang. Dari pihak UPC, hadir Mr Bob Eastwood (Direktur), dan Niko Bhakti Pryambada (Senior Developer).

Mahmud Yusuf dalam sambutannya menyambut positif proyek PLTB Sidrap II tersebut.

“Pemerintah Daerah mendukung penuh proyek ini, dan mengimbau SKPD terkait bisa membantu,” ujar Mahmud.

Mahmud juga berharap agar proyek tersebut memprioritaskan tenaga kerja lokal,

“Sidrap memiliki sarjana dan tenaga kerja yang bisa bersaing, diharapkan menjadi prioritas setidaknya sampai 50 persen,” katanya.

Senior Developer UPC, Niko Bhakti Pryambada mengungkap, pada PLTB I lalu, tenaga kerja Ring 1 (Lainungan dan Mattirotasi) sebanyak 32 persen, Ring 2 (Parepare dan Sidrap) 11 persen, Ring 3 (Provinsi Sulsel) 14 persen, tenaga kerja nasional 37 persen dan tenaga kerja asing 6 persen.

“Untuk Proyek Sidrap II nantinya, sebagaimana harapan Pak Wakil Bupati Kita usahakan tenaga lokal mencapai atau mendekati 50 persen,” urai Niko.

Dalam sosialisasi diungkap untuk Proyek Sidrap II rencananya dibangun 21 sampai 24 turbin dengan kapasitas 3 hingga 3,5 MW atau total sekitar 60 sampai 75 MW.

Proyek ini akan menggunakan turbin yang berkapasitas lebih besar, menara yang lebih tinggi (hingga 140m) dan bilah yang lebih panjang (hingga 80m).

Lokasi proyek terletak di Kecamatan Watang Pulu, Desa Bangkai, Lainungan, Lawawoi, Mattirotasi dan Uluale. Proyek akan dilengkapi Sistem Baterai Penyimpanan untuk membantu Operasi Grid Sulawesi Selatan.

Reporter: Sudarmin

Editor: Abdillah.Ms

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda