Pilgub Sulsel; Komunikasi Politik Jadi Faktor Pembeda IYL

MAKASSAR, PIJARNEWS.COM — Ichsan Yasin Limpo (IYL) dinilai memiliki kemampuan komunikasi politik yang paling matang dibanding kandidat Cagub Sulsel lainnya. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilannya meraih dukungan sejumlah tokoh kunci. Termasuk Rusdi Masse (RMS) dan Andi Muzakkar.

Manajer Konsultasi CRC Saiful Bahrie (foto: handover)

Analisa itu disampaikan oleh Manajer Konsultasi CRC, Saiful Bahri. Dia menuturkan, salah satu yang menarik perhatian banyak orang, yakni cara IYL menyatukan tokoh. Hal itu dinilai tidak mudah. Bupati Sidrap Rusdi Masse dan Bupati Luwu Andi Mudzakkar adalah figur yang selama ini masuk bursa kandidat di Pilgub.

“Sehingga, bergabungnya RMS dan Cakka adalah salah satu keunggulan tersendiri IYL, sekaligus modal untuk memenangkan Pilgub. Nah, komunikasi politik yang matang ini, akan jadi pembeda,” jelas Saiful.

Lebih jauh dia mengatakan bahwa langkah IYL sudah tepat menyonsong Pilgub Sulsel mendatang. Mengingat, pilkada adalah proses memenangkan simpati masyarakat termasuk menggaet tokoh – tokoh yang dianggap memiliki pengaruh besar yang kelak akan menghasilkan hal positif.

“Pada prinsipnya kerja politik menggaet tokoh dapat mempengaruhi pemilih secara signifikan. Karena tokoh ini akan menjadi medium perantara pemilih. Makanya selanjutnya akan melakukan kerja kampanye sehingga terjadi pengaruh yang signifikan,” tandasnya.

Sebelumnya, kalangan akademisi juga memuji langkah IYL di Pilgub. Selain pergerakannya terarah, juga cara menggaet sejumlah tokoh layak mendapat apresiasi. Apalagi mampu menyatukan kekuatan RMS dan Cakka, termasuk Datu Luwu Andi Maradang dan Mathius Salempang.

Pujian tersebut disampaikan dua pentolan Forum Dosen Makassar, yakni Dr Adi Suryadi Culla, serta Dr Firdaus Muhammad. Baginya, IYL sangat diuntungkan dengan keberadaan Cakka dan RMS. (*/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda