Pesantren Muhammadiyah Sulsel Punya Workshop BLK Pertanian Berstandar Nasional

 

GOWA, PIJARNEWS.COM–Pesantren Hizbul Wathan (HW) Muhammadiyah yang terletak di Dusun Belapunranga, Desa Parangloe, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulsel memiliki Balai Latihan Kerja (BLK) Pertanian berstandar nasional.

“Alhamdulilah, pesantren Muhammadiyah di Sulawesi Selatan telah memiliki workshop BLK pertanian yang diresmikan Maret lalu,” tutur Drs.H.Mansyur Qadir, M.Ag, selaku Direktur Pesantren Hizbul Wathan (HW) Muhammadiyah Belapungranga kepada Pijarnews.com, Ahad (2/5/2021).

Dalam peresmian itu, juga diresmikan program wirausaha (santripreneur), kepemimpinan dan konseling-psikoterapi alam qurani.

Pesantren ini memiliki visi menjadi pesantren pencetak pengusaha dan pemimpin masa depan berjiwa Qur’ani.

“Adapun metode belajarnya berupa outing class (belajar dan berkreasi di alam), lalu kami menargetkan santri kelak berwawasan Alquran, memiliki keterampilan wirausaha dan kepemimpinan,” lanjut Mansyur Qadir.

Keunggulan pesantren ini yakni selain
BLK berstandar Nasional, ada juga Wisata Kebun Syariah, Konseling-Psikoterapi Alam Qur’ani dan program unggulan lainnya, santripreneur (satu santri satu jenis usaha), serta program tahfidz-tafhim Alquran.

Dengan moto dan visi yang baru, pesantren  HW telah mempersiapkan Tahun Pelajaran 2021-2022  dengan membuat program terencana dan sarana fisik lainnya.

Ponpes HW membuat tiga  program utama yang diarahkan pada penguasaan tematik Alquran dan bekal keterampilan santri ketika selesai di ponpes, yaitu kewirausahaan, kepemimpinan dan tahfidz qur’an.

Program Bahasa Arab, dan tahfidz-fahmil qur’an,  keterampilan berpidato dan  berorganisasi merupakan dasar utama pembinaan kader-pemimpin. Program tahfidz-fahmil dikembangkan untuk menemukan teknik konseling dan psikoterapi berbasis alam dan Alquran.

“Bekal wirausaha dan penguasaan teknologi juga diberikan agar mampu bersaing di masa depan. Kegiatan ekskul seperti Drumband, beladiri TS, kepanduan HW, olah raga dan seni menjadi tambahan menyaluran minat bakat satri,” tambah Konsultan Psikologi Ponpes HW Muhammadiyah, Ahmad Yasser Mansyur, S.Ag, S.Psi, M.Si, Ph.D.

Konseling dan psikoterapi Alam Qur’ani bahkan diberi layanan gratis konsultasi online yang dipandu Ahmad Yasser Mansyur dan St. Syawaliah Gismin, S.Psi di WA 081342673876

Dalam workshop BLK tersebut telah tersedia beraneka mesin yang siap mengolah dan memproduksi beragam jenis minuman dan makanan. Diharapkan dari itu seluruh santri dapat memanfaatkan fasiltas tersebut, sehingga setiap santri memiliki satu jenis usaha.

Saat ini pula Pesantren Hizbul Wathan Muhammadiyah Belapungranga memanfaatkan situasi musim hujan  di awal tahun 2021 dengan menanam beberapa pohon buah-buahan di perkebunan pesantren.

Pohon tersebut merupakan hasil program Wakaf Tanaman bantuan dari para Muwakif yang bertujuan mendukung program BLK pengolahan hasil pertanian. Masyarakat banyak mendukung program tersebut. 

“Insya Allah program pembinaan BLK Pertanian ini akan mendukung program unggulan kami yang  telah direncanakan,” tuntas Mansyur Qadir. (*)

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda