Pertama di Parepare Terapkan Cloud Computing, SMPN 9 Terima Anak Didik Via Daring

SMPN9
Suasana Pembelajaran di SMPN9 Model Parepare (gambar diambil sebelum ada covid19).

PAREPARE, PIJARNEWS.COM–SMP Negeri 9 Model Parepare menerapkan pembelajaran berbasis komputasi awan (cloud computing) dan menjadikan yang pertama di Kota Parepare. Hal itu diungkapkan Kepala SMP Negeri 9 Model Parepare, Kamaruddin, M Pd.

“Sejak tahun 2014, pembelajaran di SMP Negeri 9 didukung Google Suite For Education,” katanya.

Sistem pembelajaran SMPN 9 Parepare yang terletak di Jalan Bau Massepe tersebut juga didukung sarana dan prasarana belajar yang memadai. Ada 27 ruangan kelas, Laboratorium IPA, Labaratorium Komputer, Perpustakaan, dan Bilik Konseling.

Bagi anak didik yang memiliki bakat di bidang non akademik, pihak sekolah juga melengkapi fasilitas Lapangan Basket, Bola Voly, Takraw, internet dengan kecepatan tinggi.

“Meja dan kursi terpisah setiap peserta didik, penggunaan perangkat multimedia pembelajaran Akun G-Suite untuk setiap anak didik, Google Drive sebagai penyimpanan dokumen digital dan tidak terbatas untuk setiap
anak didik,” katanya.

Untuk sumber daya manusia (SDM) kata Kamaruddin, ada sebanyak 52 Orang tenaga pendidik, 35 guru yang sudah tersertifikasi, serta didukung oleh 13 Orang Tenaga Kependidikan.

“Anak didik juga bebas memilih ekstrakurikuler, seperti Pramuka, PMR, UKS, PKS, Drumband Sekolah, Olahraga dan Permainan, Seni suara, Tari, dan rupa, Vidiografi dan Multimedia,” tuturnya.

Tahun ajaran 2020-2021 ini SMP Negeri 9 Parepare, menerima peserta didik baru, dan menerima peserta didik sebanyak sembilan rombongan belajar (Rombel), serta pendaftarannya bisa dilakukan melalui online atau daring.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Arifuddin Idris menjelaskan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) satu pintu dan berbasis online tersebut, mengacu Permendikbud nomor 44 tahun 2019, serta edaran Mendikbud nomor 4 tahun 2020, yang diantaranya mengatur tentang prosedur PPDB, serta kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran covid-19.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengimbau kepada seluruh sekolah agar menerapkan penerimaan peserta didik baru secara online demi menghindari interaksi secara personal,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare itu.

Selain itu, lanjutnya, PPDB satu pintu baik di tingkat TK, SD, dan SMP yang berada di bawah naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare, mempermudah akses pelayanan pendidikan di saat pandemi Covid-19.

PPDB online tingkat TK dilakukan 28 Mei hingga jadwal pengumuman 11 Juli, yang dapat diakses pada link ppdb-tk.pareparekota.biz.id, sedangkan SD dibuka 22-27 Juni melalui ppdb-sd.pareparekota.biz.id, dan untuk tingkat SMP dilakukan 22-30 Juni di ppdb-smp.pareparekota.biz.id.

Bagi calon peserta didik agar mendaftar pada link yang disiapkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, dimulai tanggal 22 hingga 30 Juni 2020, pukul 08.00 – 16.00 Wita.

“Proses seleksi TK dan SD kita kembalikan ke sekolah masing-masing, sedangkan SMP dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Parepare,” pungkasnya. 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News