Perpustakaan IAIN Parepare Sabet Akreditasi B

Perpustakaan IAIN Parepare
Dua tim asessor Perpustakaan Nasional (Pakai Batik) foto bersama Rektor IAIN Parepare, Ahmad Sultra Rustan dan Kepala Perpustakaan IAIN Parepare, Hamid serta Kepala Perpustakaan UIN Alauddin Makassar, Quraisy Mathar. --foto hayana/pengelola website iain parepare--

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Perpustakaan IAIN Parepare kini memperoleh akreditasi B dari tim asessor Perpustakaan Nasional. Hal ini diungkapkan salah seorang tim asessor, Upriyadi usai melakukan peninjauan dan pemeriksaan dokumen Perpustakaan IAIN Parepare.

“Saat ini kami memberi penilaian akreditasi B. Tapi hasil ini masih akan diplenokan di tingkat pusat. Jadi data yang dibutuhkan nantinya semoga bisa dilengkapi oleh tim Perpustakaan IAIN Parepare. Jika lengkap, bisa bertahan akreditasi B, tapi jika tidak lengkap bisa turun menjadi akreditasi C,” ungkap Upriyadi yang dibenarkan tim asesor lainnya Agus Rivai dari Perpustakaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Senin, 6 Agustus 2018.

Wakil Rektor I, IAIN Parepare, Muhammad Junaidi mengatakan, hasil akreditasi B untuk Perpustakaan IAIN Parepare sangat disyukuri lantaran IAIN Parepare baru kali pertama dilakukan akreditasi perpustakaan.

“Ekspektasi kami sebenarnya akreditas A, tapi karena memang kami menyadari masih banyak yang perlu dibenahi, maka Nilai B sudah lumayan. Karena itu, semoga pengelola perpustakaan ini bisa lebih inovatif,” tandas Junaidi.

Tim asessor Perpustakaan Nasional menilai enam kategori yakni koleksi buku, sarana dan prasarana, komponen pelayanan, tenaga kepustakaan, pengelolaan dan penyelenggaran perpustakaan serta penguatan dan inovasi perpustakaan.

“Dari enam penilaian, yang perlu diperbaiki yakni komponen pengelolaan perpustakaan dan inovasi,” ujar Upriyadi.

Kepala Perpustakaan IAIN Parepare, Hamid mengapresiasi kerja tim perpustakaan atas capaian akreditasi B ini. Hamid bersama tim Perpustakaan berupaya terus membenahi pelayanan dan berinovasi agar kelak perpustakaan ini bisa memperoleh akreditasi A. “Kami akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik buat pengunjung perpustakaan,” kata Hamid kepada Pijarnews, Rabu 8 Agustus 2018.

Sekadar informasi, gedung perpustakaan IAIN Parepare ini memiliki lima lantai dengan full ac dan dilengkapi lift. Perpustakaan ini termasuk salah satu perpustakaan termegah di Kawasan Ajatappareng. Selain itu, koleksi bukunya juga kini terus ditambah dengan pengelolaan dari tenaga pustakawan yang terlatih.  (*)

Reporter : Alfiansyah Anwar
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda