Peringati Hari Perempuan Internasional YLP2EM Gelar Aksi Kolektif

PAREPARE, PIJARNEWS.COM –Memperingati Hari Perempuan Internasional (Internasional Woman Day), Yayasan Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (YLP2EM) Mitra MAMPU BaKTI menggelar Aksi Kolektif, Rabu (27/3/2019) di Aula Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare.

Kegiatan ini dikemas dengan tajuk agenda bincang bersama, yang mengangkat tema “Akhiri Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak”. Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan orang yang terdiri dari berbagai komponen masyarakat antara lain mahasiswa, paralegal, ASN, serta organisasi perempuan se Kota Parepare.

Bincang bersama tersebut dipandu Ibrahim Fattah dan menampilkan tiga panelis yakni Ayu Dwi Putri Rusman perwakilan akademisi UM Parepare. Ayu membahas Kesehatan Reproduksi. Sedangkan perwakilan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak membahas tentang fungsi pendampingan terhadap isu-isu kejahatan perempuan dan Andi Nurhanjayani perwakikan anggota parlemen perempuan membahas tentang fungsi regulasi terhadap perempuan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengkampanyekan hari perempuan Internasional karena mengingat kekerasan perempuan tidak hanya terjadi di dunia luar (internasional), namun juga terjadi di level nasional bahkan juga di daerah,” ungkap Ibrahim Fattah.

Ibrahim juga menyampaikan bahwa sejak adanya Dinas Perlindungan Perempuan bukan berarti angka kekerasan perempuan menurun, justru malah meningkat karena akses perempuan untuk melaporkan kekerasan yang dialaminya.

Ibrahim juga mengupayakan akan membentuk paralegal pada kalangan anak muda terkhusus mahasiswa untuk mengawal dan mendampingi korban kekerasan perempuan di kalangan remaja.

“Ide ini muncul agar mahasiswa nantinya bisa menjadi orang yang mendampingi korban. Bagi mahasiswa hukum tentunya ini sangatlah relevan karena bisa mengkombain pengetahuan yang didapatkan di kampus dan bagaimana menjadi cikal bakal pengacara,” jelasnya. (*)

Reporter : Sucipto Al-Muhaimin

Editor: Abdillah.Ms

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda