Peringati Hari Air Sedunia, Pemuda Pancasila dan DLH Parepare Gelar Aksi Tanam Pohon

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Sebagai wujud misi penyelamatan mata air, puluhan pemuda di Kota Parepare yang tergabung dalam organisasi Pemuda Pancasila bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat, menggelar aksi penanaman pohon di area mata air Makkoring, Kelurahan Lemoe, Kecamatan Bacukiki, Parepare.

Kegiatan ini digelar dalam rangka Hari Air Sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 Maret. Peringatan Hari Air Sedunia atau World Day for Water ini, adalah perayaan yang ditujukan sebagai usaha-usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih dan usaha penyadaran untuk pengelolaan sumber-sumber air bersih yang berkelanjutan.

Inisiatif peringatan Hari Air Sedunia ini sendiri, diumumkan pada Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Koordinator aksi, Amri Kalbu mengatakan, kegiatan penanaman beragam jenis bibit pohon ini, sengaja dipusatkan di kawasan mata air Makkoring. Pasalnya, wilayah tersebut merupakan sumber mata air utama jika musim kemarau tiba, dimana warga sekitar memanfaatkan mata air Makkoring untuk kebutuhan mereka sehari-hari.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menambah resapan air yang ada di wilayah Bacukiki, karena minimnya resapan air gunung yang ada di Bacukiki ini yang merupakan salah satu wilayah penyangga dari banjir,” uraiannya.

Amri kalbu juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan.

Dalam rangka peringatan Hari Air Sedunia tahun ini, organusasi Pemuda Pancasila mengangkat tema “Siapa pun dan dimanapun semua harus mendapatkan air”.

Reporter: Amiruddin Pujo
Editor: Abdillah.Ms

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda