Peringatan Nuzulul Qur’an Tingkat Kabupaten Sidrap Digelar di Masjid Agung

SIDRAP, PIJARNEWS.COM — Peringatan Nuzulul Qur,an Tingkat Kabupaten Sidrap diperingati di Mesjid Agung Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang, Selasa (21/5/2019) malam.

Acara diawali pembacaan ayat suci al’Qur’an oleh Ulfa Mufidah

Hadir Wakil Bupati Sidrap Mahmud Yusuf, Kapolres Sidrap AKBP Budi Wahyono, Ketua PN Sidrap Bintang Al, Kakan Kemenag sidrap H Irman, Para Kepala SKPD lingkup pemkab Sidrap, Wakil Ketua PKK H Ny Anita Mahmud, serta tokoh agama, tokoh Masyarakat, serta segenap jamaah masjid agung sidrap.

‎Acara Nuzulul Quran merupakan agenda rutin yang dilakukan pemerintah kabupaten sidrap setiap memasuki malam ke-17 bulan Ramadan. Acara diisi dengan ceramah agama oleh ustadz H Abd Malik Tibe.

Wakil Bupati Sidrap dalam sambutannya mengajak seluruh masyarakat di kabupaten sidrap untuk meningkatkan pemahaman dan mengamalkan isi dari Al Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Turunnya Al Quran pada 17 Ramadan kepada nabi Muhammad S.A.W untuk memberi petunjuk kepada manusia sekaligus menyatakan keberadaannya bagi seluruh isi semesta alam ini sebagaimana kita ketahui setelah peristiwa itu, ayat demi ayat diturunkan kepada beliau, dan mengajarkan kepada manuasia agar beriman dan mematuhi kaidah-kaidah moral dan menegakkan tatanan masyarakat yang aman, adil dan sejahtera. proses itu memakan waktu 22 tahun lamanya, sehingga menjadi Al’Quran yang utuh, sebagaimana kita kenal selama ini,” kata Mahmud.

Dia juga menyebutkan peringatan Nuzulul Qur,an merupakan ajang silaturahmi bagi sesama umat muslim.

Sementara H. Abd Malik Tibe dalam ceramah agamanya mengatakan malam Nuzulul Qur’an adalah malam yang istimewah dimana Al’Quran diturunkan

“Bulan dimana salah satu malam yang istimewa yang perlu kita ketahui bersama malam itu adalah malam pertama diturunkannya al’quran melalui malaikat jibril.” Ucapnya

Lebih lanjut dia mengajak masyarakat Sidrap rajin mempelajari Alquran, Tidak hanya membaca ayat-ayatnya, melainkan juga memahami maknanya.

“Di peringatan ini, saya ingin mengajak semua untuk Tidak hanya membaca ayatnya saja, tapi juga mempelajari dan memahami ayat demi ayatnya,” ajak Malik dihadapan jemaah yang hadir

Acara ditutup dengan doa untuk keselamatan bersama yang dipimpin oleh kakan Kemenag sidrap H Irman, kemudian dilanjutkan shalat tarwih bersama. (rls/adv/abd)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda