Forum Pengembang Ajatappareng

Perguruan Tinggi Muhammadiyah Berkomitmen Hadirkan Laporan Keuangan yang Akuntabel dan Transparan

Rektor UM Parepare, Prof DR Siri Dangnga MS
Rektor UM Parepare, Prof DR Siri Dangnga MS. --ist--

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Parepare Prof. Dr. Muhammad Siri Dangnga, MS. menginginkan Laporan Keuangan Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) harus akuntabel dan transparan. Hal itu ia sampaikan dalam sambutannya pada Bimbingan Teknis (Bimtek) tata kelola keuangan PTM se-Sulawesi.

Acara itu digelar di Hotel Kenari Parepare dan akan berlangsung selama tiga hari kedepan, 26-28 Desember 2018.

“Pengelolaan perguruan tinggi di lingkup Persyarikatan Muhammadiyah disusun berdasarkan Sistem Penganggaran PTM yang memuat prinsip akuntabel dan transparansi melalui pemberlakuan kebijakan penganggaran berbasis kinerja,” jelasnya.

Hal itu, kata Prof Siri, sejalan dengan penerapan Good University Governance. Ia juga menyebut Pengelolaan Keuangan yang transparan dan akuntabel adalah bagian dari jihad PTM. “Sebelum kita dihisab di yaumil akhir, maka harus dihisab di dunia agar selamat dari hisab Allah,” ungkapnya.

Sekretaris PWM SulSel Prof. Dr. Irwan Akib, M. Pd berpesan bahwa dalam budaya Bugis Makassar ada yang disebut Siri’ yang berarti harga diri. Akuntabilitas pengelolaan keuangan haruslah ditegakkan sebagaimana halnya menegakkan siri’.

“Kita malu jika tidak akuntabel, dan itu berarti harga diri kita ikut terinjak,” tegasnya. (rs/alf)

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News