Penutupan PIFAF 2018, Bupati Polman Berjanji Membawa Polewali Mandar Tampil di Eropa

Penutupan PIFAF 2018, Bupati Polman Berjanji Membawa Polewali Mandar Tampil di Eropa

POLMAN, PIJARNEWS.COM— Puncak acara Polewali Mandar Internasional Folk and Art (PIFAF) berlangsung meriah disaksikan ribuan mata pengunjung Senin malam, 6 Agustus 2018.

Event yang didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpra) ini telah berlangsung sejak tanggal 1 Agustus 2018 lalu di Sport Center Polman, Sulawesi Barat.

Event ini merupakan kegiatan internasional yang diikuti oleh para komunitas pegiat seni tradisi antar bangsa dengan tujuan menumbuhkan kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia khususnya di Kabupaten Polewali Mandar.

Selain itu, kegiatan ini merupakan bentuk pertukaran serta pembelajaran seni, pertunjukan kesenian sehingga diharapkan bisa memperkenalkan budaya dan potensi alam kepada masyarakat luar negeri. Sehingga tercipta ruang interaksi dan komunikasi antarseniman tradisi dan budayawan Polman dengan seniman tradisi bangsa-bangsa lain.

Pada malam penutupan itu menampilkan pentas tari, musik, dan teater budaya. Selain itu penampilan beberapa negara luar di antaranya, Latvia, Polandia, Kroasia, Mexico, Thailand, China Taipei, dan beberapa sanggar seni lokal ikut berpartisipasi.

Nur Sami Masdar, Kepala Dinas Pemuda dan Pariwisata Polewali Mandar menjelaskan telah mempersiapkan kegiatan ini selama dua bulan.

“Setiap penampilan kami selalu melibatkan sanggar dan komunitas lokal. Beberapa rangkaian kegiatan yang kami lakukan di antaranya, tampilan tari beberapa negara, workshop di SD, SMP, SMA, dan mengunjungi beberapa titik kegiatan antara lain pelabuhan Silopo, Alun-alun Polman, Campalagian dan Majene. Dengan melibatkan kurang lebih 300 porsonel dari kepolisian untuk mengawal keamanan,” jelasnya.

“Festival ini fantastic, dan ini kali pertama punya pengalaman di Indonesia dan belajar banyak. Kami berterima kasih banyak kepada pemerintah Polewali Mandar dan negara Indonesia.

Kami berharap bisa kembali lagi karena orang-orang di sini ramah, baik dan kami akan merindukannya,” tutur Elizabeth Stipetic sebagai Director of Kud Stari Grad Lukavec-Croatiada didampingi Asia Masita Haidir, LO Penerjemah.

Andi Ibrahim Masdar, Bupati Polewali Mandar merasa sangat senang dan bangga telah mempercayakan kegiatan ini kepada Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata untuk melaksanakan PIFAF yang ke-3.

“Alhamdulillah berjalan dengan lancar, tertib, aman, damai. Juga kepada seluruh masyarakat Polewali Mandar saya sangat bangga karena bisa menjaga nama baik daerah yang malabbiq ini,” ungkapya.

Malam penutupan di tandai dengan pemberian cenderamata dari beberapa negara. Setelah resmi menutup acara Bupati Polewali Mandar berharap semua kekurangan yang terjadi, dia berharap pada PIFAF yang ke-empat bisa lebih baik lagi. Ia juga berjanji akan membawa Polewali Mandar untuk tampil di Eropa. (*)

Reporter : Hamdan
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda