Penghasilan Pedagang Menurun, UPTD Pasar Diminta Berinovasi

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — UPTD Pasar Lakessi diminta merespon keluhan pedagang yang pendapatannya terus merosot. Sejumlah inovasi bisa dilakukan, agar pasar itu bisa kembali ramai utamanya di bagian dalam.

Ekonom Umpar Yadi Arodhiskara menyarankan, event-event menarik bisa digelar baik didalam maupun dipelataran pasar. Konser yang juga bisa memaksimalkan potensi pemusik lokal, pertunjukan seni dan pelbagai acara lain yang menarik warga agar datang.

“Itu semua bisa membuat pasar ramai. UPTD harus berinovasi menggelar event. Kedepan, event tersebut juga pada akhirnya bisa menambah penghasilan UPTD,” urainya.

UPTD juga dapat bekerjasama dengan brand-brand tertentu, untuk membuat promo-promo menarik yang barangnya hanya bisa diperoleh di Pasar Lakessi. Selain tentu membuat pasar senyaman mungkin dikunjungi.

Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu juga menyarankan, pemerintah menetapkan target yang jelas, untuk dipenuhi oleh UPTD mengenai nilai transaksi yang tercapai didalam pasar. Hal itu, kata Yadi ada rumusannya.

“Jika dalam jangka waktu tertentu tetap tidak ada perubahan, maka tidak ada jalan lain selain mereformasi struktur UPTD. Yang ditempatkan disana betul-betul yang paham ekonomi pasar. Kalau UPTD hanya sekadar menarik retribusi, semua orang bisa,” tegasnya.

“Pemkot harus berani mengikat komitmen dengan kepala UPTD. Jika mampu meramaikan pasar, berikan reward. Insentif, honor dan fasilitasnya tambah,” tandasnya. (mul/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News