Pengenalan Budaya Akademik Sasar 1.829 Mahasiswa IAIN Parepare

PAREPARE, PIJARNEWS.COMPengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2019 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare dibuka secara simbolik oleh Rektor IAIN, Dr Ahmad Sultra Rustan, di gedung Auditorium IAIN,  Selasa, 27  Agustus 2019.

Pembukaan PBAK ini ditandai dengan penumbukan padi oleh rektor, para wakil rektor, Kepala Biro AUAK dan Ketua Panitia PBAK. Kemudian penyerahan atribut peserta oleh Rektor IAIN Parepare.

Iskandar, Ketua Panitia PBAK dalam laporannya menjelaskan bahwa 1.829 mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini  terbagi tiga unsur. Unsur pertama terdiri dari mahasiswa baru sebanyak 1.799,  kedua dari mahasiswa angkatan sebelumnya sebanyak 24 orang dan yang ketiga dari mahasiswa Thailand (asing) sebanyak 6 orang.

Rencana, kegiatan PBAK ini akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 27-30 Agustus 2019. “Dalam kegiatan ini ada delapan materi yang telah disusun oleh panitia, di antaranya enam materi dari internal kampus dan dua materi dari eksternal kampus,” jelas Iskandar saat memberikan laporan.

Adapun tema kegiatan PBAK kali ini adalah Membingkai NKRI dengan Moderasi Beragama dengan tagline Teguh dalam Kebenaran, Tegar dalam Perjuangan dan Toleransi dalam keberagamaan.

Dalam kesempatan sambutannya, Rektor IAIN Parepare juga menyuguhkan beberapa pantun. Salah satunya, “Hari malam gelap gulita, pasang lilin jalan ke kebun pare, sopan santun budaya kita, jadi kebanggaan IAIN Parepare”.

Ahmad Sultra berpesan kepada seluruh peserta PBAK bahwa perguruan tinggi ibaratnya makhluk yang akademis, dimana mahasiswa ditempa menjadi seseorang yang intelektual dan menjadi pemimpin dimasa yang akan datang.

Rektor juga berpesan ada juga satu budaya  yang perlu dipelihara pada saat pelaksanaan kegiatan ini yaitu senantiasa memelihara budaya kebersihan. (rls/dmh)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News