Pemudik Membeludak Sesaki Kapal

 

PAREPARE, PIJARNEWS.COM–Jelang pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah tahun 2019, pemudik yang berasal dari pulau Kalimantan terus berdatangan memadati pelabuhan nusantara Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Kamis, 30 Mei 2019.

Sebuah kapal jenis roro Kapal Motor (KM) Pantokrator tiba di pelabuhan nusantara Kota Parepare. Kedatangan kapal tersebut membawa penumpang berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur.
Mereka mudik di kampung halamannya masing-masing setelah sekian lama bekerja di perantauan.

Berdasarkan data dari kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Parepare, kapal motor pantokrator berkapasitas maksimal 1.740 jiwa ini tiba di Pelabuhan Nusantara Parepare memuat penumpang 2.080 jiwa sesuai dengan manifest.

Membeludaknya penumpang yang menggunakan kapal ini menyebabkan sejumlah penumpang tidak nyaman selama dalam perjalanan. Lantaran disesaki penumpang hingga tak dapat tempat tidur. Salah seorang penumpang yakni Wali, mengaku tidak nyaman karena tidak tidur dengan nyaman disebabkan banyaknya penumpang.

Dari pantauan tim pijarnews.com, suasana di atas kapal terlihat kepadatan penumpang saat turun ke dermaga. Hampir setiap dek bahkan lambung kanan kiri kapal disesaki oleh penumpang yang ingin mudik menggunakan kapal tersebut.

Terlihat juga sebuah mobil ambulance milik kantor kesehatan Pelabuhan Makassar yang disiagakan di posko angkutan lebaran. Mobil itu mengangkut seorang penumpang yang mengalami gangguan kesehatan untuk segera mendapatkan pertolongan medis.

Aktivitas arus mudik di pelabuhan nusantara kota Parepare masih akan terus terlihat hingga memasuki puncak arus mudik lebaran. (*)

Reporter: Amiruddin
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda