Pemkot Parepare Raih Penghargaan Prestisius dari UGM

Ket: Kepala BKD Parepare H Nasarong (foto: Mul/PIJAR)

* Rating Tertinggi Indeks Transparansi Keuangan

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Prestasi Pemkot Parepare meraih opini WTP dari BPK, mengantarkan daerah ini menyabet satu lagi penghargaan prestisius. Parepare mencatat rating tertinggi indeks transparansi keuangan.

Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) H Nasarong menjelaskan, penghargaan tersebut akan diberikan disela Seminar Nasional ‘Pengelolaan Keuangan Daerah; Dari WTP Menuju Pengelolaan Keuangan yang Sehat dan Transparan’. Acara itu digelar Universitas Gadjah Mada (UGM).

“Panelis dari UGM melakukan penilaian di 7 region se-Indonesia. Untuk Sulawesi, Parepare menjadi yang terbaik,” jelas Nasarong kepada PIJAR, Selasa 29/8.

Ada 3 tahapan penilaian. Masing-masing tahap perencanaan (10 kriteria penilaian), pelaksanaan (9 kriteria) dan pertanggungjawaban (10 kriteria). “Pak Waliakan menerima langsung penghargaan ini di Jogjakarta. Rencananya diserahkan oleh Mendagri dan Rektor UGM,” urainya.

Pada Term of Refference yang diterima PIJAR dari panitia, acara itu akan diisi oleh Mendagri Tjahjo Kumolo sebagai keynote speaker. Dia akan memaparkan ‘Kebijakan Pengelolaan Keuangan Daerah’ dari perspektif Kemendagri.

Kemudian ada diskusi panel antara UGM, BPK, BPKP dan Kemenkeu tentang tema utama seminar. Selanjutnya, pada sesi terakhir UGM akan memaparkan ‘Metodologi Pengukuran Indeks Transparansi dan Kondisi Keuangan’. (mul/ris)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda