Pemkab Soppeng Ternyata Punya Ruangan Kendali Pemerintahan Canggih

Pemkab Soppeng Ternyata Punya Ruangan Kendali Pemerintahan Canggih
Penampakan Ruangan Soppeng Command Center yang berada di Kantor Bupati Soppeng. --Sumber : celebesterkini.com --

SOPPENG, PIJARNEWS.COM – Jarang diketahui publik, ternyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng memiliki ruang kendali pemerintahan yang terbilang canggih. Ruangan tersebut berada di sayap kiri Lobby Kantor Bupati Soppeng. Diberi nama Soppeng Command Center, di ruangan itu seluruh aktifitas mengintegrasikan berbagai sistem layanan publik dilakukan.

Seperti dikutip dari celebesterkini.com, ruangan tersebut berukuran 4 x 12 meter. Belasan layar lebar tersambung ke CCTV yang memantau seantero Kabupaten Soppeng. Enam orang operator setiap saat memantau aktivitas warga. Mulai dari ujung Marioriawa, Citta hingga Marioriwawo.

Ruangan yang didominasi warna hitam dan orange itu, juga tersambung ke seluruh puskesmas, kantor camat, rumah sakit dan seluruh unit layanan Pemkab Soppeng. Pada ruangan itu, juga tersambung ke operator 119, sebuah layanan cepat tanggap jika terjadi musibah di wilayah Soppeng. Gerak cepat petugas bencana, pemadam kebakaran, gangguan kriminalitas hingga layanan darurat kesehatan, bergerak atas perintah dari tempat ini. Yang menarik juga, dari ruangan ini bisa memantau pergerakan ASN di Soppeng saat jam kerja. Termasuk ditugaskan memata-matai ASN di Warkop saat jam kerja.

Mantan Konsultan Bupati Soppeng, Dr. Nurmal Idrus, juga terkesima meliha perkembangan ruangan Soppeng Command Center. Padahal, Nurmal adalah salah satu pencetus ide membangun ruangan itu di 2015.

“Ini tak seperti yang saya bayangkan. Dulu, saya hanya ingin ada ruangan dimana Bupati bisa mengontrol stafnya dari sebuah ruangan,” katanya, Senin (17/02/2020) lalu.

Boleh dikatakan, kendali layanan publik diatur penuh dari ruangan ini. Laporan masuk, dikelola, dan langsung dieksekusi, semua dari ruangan ini. Yang lebih membanggakan, ruangan yang terbilang canggih itu tidak dibuat oleh orang luar, namun dikerja oleh tangan-tangan anak muda Soppeng.

“Ini semua berkat dukungan penuh dari Bapak Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak untuk mengembangkannya. Kami menyodorkan idenya dan Pak Bupati menambahkan beberapa bagian,” kata Asrar, salah seorang inisiator.

Kini, ruangan tersebut tengah bersiap untuk dikembangkan lebih maju. Sistem e-kinerja yang saat ini mulai diterapkan di Soppeng, akan dikendalikan dari tempat ini. Jika ini bisa mereka lakukan mungkin inilah satu satunya di Indonesia.

Sumber : celebesterkini.com

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News