Pemkab Sidrap Tambah 25 Personil Tagana

SIDRAP, PIJARNEWS.COM — Dinas Sosial, Kependudukan dan Catatan Sipil (Disosdukcapil) Sidrap menambah jumlah personil Taruna Siaga Bencana (Tagana) melalui perekrutan dari berbagai unsur.

Penambahan personil tersebut guna mengantisipasi terjadinya bencana mengingat cuaca ekstrim mulai mengintai sejumlah daerah, termasuk Sidrap.



Hal itu dikatakan Kepala Disosdukcapil Sidrap, H Saharuddin Laupe saat ditemui diruang kerjanya, Rabu, (6/12/2017) mengatakan, Tagana baru yang sudah direkrut diberikan pelatihan pengetahuan dasar dalam penanggulangan bencana.

“Sidrap sebagai salah satu daerah rawan bencana. Makanya kita terus meningkatkan petugas yang terlatih termasuk merekrut para Sahabat Tagana dari berbagai unsur,” katanya.

Sarlop sapaan akrab Syaharuddin Laupe menyebutkan, dalam penanganan bencana, Disosdukcapil menjadi leading sektor untuk urusan logistik dan dukungan psikososial.

Karena itu, selain meningkatkan kompetensi Tagana, Disosdukcapil, kata Sarlop juga menyiapkan sumberdaya manusia Tagana psikososial.

Jumlah Tagana terlatih Sidrap hingga saat ini hanya sekitar 15 orang, dan yang baru direkrut 25 orang. Mereka nantinya akan disiagakan disejumlah titik-titik rawan bencana.

“Untuk 25 Tagana baru itu akan diberikan pelatihan pada Kamis-Jumat 7-8 Desember. Selain diberikan materi tentang pengetahuan dasar dalam penanggulangan bencana juga diberikan simulasi,” ucapnya.

Tagana itu sendiri, kata Sarlop terdiri dari Tagana Muda dan Tagana Madya. Untuk Tagana Muda memiliki kompetensi pengetahuan dasar tentang kebencanaan bagi Tagana Muda.

Sedangkan Tagana Madya memiliki bekal spesialisasi khusus diantaranya bidang shelter, manajemen logistik, tim reaksi cepat, dukungan psikososial, water rescue dan dapur umum. (adv/ris)


Bagikan :

Komentar

Komentar Anda