Pemkab Majene Studi Program Kotaku ke Bantaeng

Majene

BANTAENG, PIJARNEWS.COM–Pemerintah Kabupaten Majene studi banding ke Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, Senin (15/3/2021).

Studi banding tersebut terkait Peningkatan Kapasitas “Badan Keswadayaan Masyarakat” (BKM) di tingkat desa atau kelurahan dalam pelaksanaan program kota tanpa kumuh (Kotaku).

Rombongan diterima langsung Bupati Bantaeng Ilhamsyah Azikin dan Sekda Bantaeng Abdul Wahab Asisten III Setda Bantaeng beserta para Pimpinan Perangkat Daerah Kab. Bantaeng dan BKM Kab. Bantaeng di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng.

Bupati Majene Lukman, mengungkapkan alasan dipilihnya Kabupaten Bantaeng sebagai lokasi studi banding karena melihat progres penanganan Program Kotaku di Bantaeng cukup baik. Utamanya dalam budi daya rumput laut.

Selain itu, kondisi geografis Majene mirip dengan Bantaeng. Secara tipologi Majene dan Bantaeng hampir sama, bahkan memiliki garis pantai yang lebih panjang dari Kabupaten Bantaeng.

Bupati Majene Lukman bersama rombongan meninjau pembibitan rumput laut di Pantai Marina, Kabupaten Bantaeng. Dilokasi tersebut, rombongan melihat proses pengolahan rumput laut. Mulai dari pencucian, pembersihan hingga pengeringan untuk diolah menjadi bahan makanan.

“Pengembangan rumput laut sudah pernah dilakukan di Majene dalam hal budi daya, namun sampai saat ini belum membuahkan hasil, dan yang menjadi tolak ukur kita adalah karena Kab. Bantaeng berhasil mengembangkan rumput laut,” ucap Lukman.

Menurut Lukman, perlu kesungguhan jika ingin berkembang seperti halnya Bantaeng. Jika Majene tidak mampu memaksimalkan potensi tersebut, sangat sia-sia memiliki garis pantai yang panjang.

“Keinginan itu harus didorong di masyarakat, nasib tidak akan berubah kalau kita tidak merubahnya cukup sederhana saja, tapi harus ada kemauan didalamnya,” terangnya.

Lukman mengungkapkan keinginannya dapat membawa ke Majene program Kotaku terkait potensi rumput laut yang berhasil di Bantaeng.

“Kami harap diberikan wejangan dan pelajaran secara teknis dalam hal pengelolaan rumput laut supaya dapat diprogramkan di tahun depan pada Musrenbang perencanaan tahun 2022,” minta Lukman.

Bupati Bantaeng Ilham Syah Azikin menyampaikan, penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Majene atas kedatangannya di Kabupaten Bantaeng.

“Tiap Kabupaten pasti memilki sesuatu yang dapat dipelajari, kami juga ingin dapatkan masukan dari Pemkab. Majene dalam hal pengelolaan pemerintahan dan pelayanan masyarakat,” (rls/msb)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda