Pantau Lokasi Banjir di Parepare, Nurdin Abdullah: Pemprov-Pemkot Parepare Sinergi Tangani Banjir di Masa Mendatang

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah (pakai kacamata hitam) bersama Wali Kota Parepare, Taufan Pawe saat memberi keterangan pers usai meninjau lokasi banjir di Jembatan Jawi-jawi, Kota Parepare, Senin (13/1/2020).

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah memantau sejumlah kabupaten/kota yang baru saja dilanda bencana banjir. Di Kota Parepare, Nurdin Abdullah didampingi Wali Kota Parepare, Taufan Pawe meninjau sungai Jawi-jawi, Kelurahan Lompoe, Kecamatan Bacukiki, Senin (13/1/2020). 

Sungai tersebut meluap pada Sabtu hingga Minggu dan merendam sejumlah rumah.

Hingga kini, air sungai Jawi-jawi sudah surut seiring hujan tak lagi mengguyur Kota Parepare. Sebelumnya, Gubernur Nurdin Abdullah bersama Wali Kota Taufan Pawe juga meninjau sejumlah lokasi banjir di Wilayah Bacukiki. 

Nurdin Abdullah mengatakan, penanganan banjir di masa mendatang akan disinergikan antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kota Parepare. 

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah meninjau lokasi banjir di Jembatan Jawi-jawi, Kota Parepare.

“Pak Wali sudah punya konsep. Tinggal bagaimana kita tuangkan dalam bentuk sinergi. Parepare menanggung apa, provinsi menanggung apa, pusat menanggung apa. Kita akan bersama-sama dengan Balai Sungai untuk mendesain. Parepare tidak sulit saya kira, konsepnya sudah ada. Tinggal aksi dan tindaklanjutnya,” kata Nurdin Abdullah.  

Selain Kota Parepare, Gubernur Sulsel bersama rombongan juga melakukan pemantauan kerusakan akibat banjir juga dilakukan di Kabupaten Barru.  

Menurut Nurdin, selain curah hujan yang tinggi, banjir di Barru juga diperparah akibat air laut pasang dan alih fungsi lahan di wilayah pegunungan.  Tak hanya itu, lanjut Nurdin, saat ini sudah minim lokasi serapan air. 

“Selain itu, Pembangunan Proyek Kereta Api di wilayah Barru juga diduga menjadi pemicu banjir di wilayah tersebut,” kata Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini. 

Karena itu, lanjut Nurdin, Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemkab Barru akan mencari solusi agar lokasi langganan banjir ke depannya bisa terbebas dari genangan air. (*) 

Reporter: Alfiansyah Anwar

Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda