Pak Presiden, Dalam Sebulan Harga Beras di Parepare Dua Kali Naik

Harga beras dua kali mengalami kenaikan
Presiden Jokowi saat memantau harga beras di salah satu pasar di Indonesia. --Foto: Int--

PAREPARE, PIJARNEWS.COM – Harga beras di Kota Parepare, Sulawesi Selatan kembali naik. Bahkan dalam Januari ini, harga beras sudah dua kali mengalami kenaikan.

“Harga beras naik lagi. Harga beras medium yang dijual Rp8.500 naik menjadi Rp11.000 perkilogram atau naik sekira Rp1.500 perkilogram.

Sementara beras premium naik dari harga Rp11.400 menjadi Rp12.200 atau mengalami kenaikan sekira Rp800 per kilogram,“ kata Ruslan, Pedagang Beras Kota Parepare, Sulawesi Selatan, Minggu (28/01/2018).

Hal ini kata Ruslan, selain masa panen belum tiba di daerah penghasil beras seperti Kabupaten Pinrang dan Kabupaten Sidrap, kenaikan harga beras juga diakibatkan gagal panen di Daerah Wajo, Sulawesi Selatan.

“Selain belum memasuki masa penen di Kabupaten Pinrang dan Sidrap, juga di Kabupaten Wajo. Harga beras yang kami beli di tingkat penggilingan sekira Rp285.000 Per Karung. Kenaikan harga beras juga berpengaruh terhadap sepinya pembeli,“ tambah Ruslan.

Terpisah, Kasubdivre Bulog Parepare, Asmal, mengaku stok beras di Kota Parepare masih aman. Stok beras di Gudang Bulog kata dia, mencapai 11 ribu ton lebih. Stok beras menurut Asmal, bisa mencapai 3 tahun ke depan.

“Ada 11 ribu  ton lebih. Persediaannya cukup untuk 37 bulan atau lebih dari 3 tahun,” tegas Asmal. (sam/asw)

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News