Organisasi Kemahasiswaan Harus Tetap Utamakan Perkuliahan

Organisasi Kemahasiswaan Harus Tetap Utamakan Perkuliahan
Rektor IAIN Parepare,  Dr Ahmad Sultra Rustan

PAREPARE, PIJARNEWS.COM –– Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare resmi dibuka oleh Rektor IAIN Parepare, Dr Ahmad Sultra Rustan di pelataran gedung zona akreditasi, IAIN Parepare, Selasa, 28 Agustus 2018.

Pada kegiatan itu dihadiri oleh segenap civitas akademika IAIN Parepare, peserta PBAK sebanyak 1.832 orang yang terdiri mahasiswa baru 1.789 orang dan mahasiswa lama 43 orang. Masih terdapat beberapa mahasiswa baru yang belum mengikuti PBAK dan dipastikan akan mengikuti kegiatan PBAK pada tahun berikutnya.

Hamdanah Said, Ketua Panitia PBAK menjelaskan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare merupakan lembaga formal dan menjadi social change serta menjadi institut yang mengembang budaya akademik yang berpangkal pada tridharma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Lanjut Hamdanah Said, dalam upaya membantu proses upaya sosialisasi mahasiswa baru ke dalam budaya akademik dan sistem yang berlaku di IAIN Parepare maka diselenggarakan suatu kegiatan akademik dengan visi terwujudnya mahasiswa yang berakhlakul karimah, inovatif, mandiri dalam mengembang kajian Islam dan akulturasi budaya berbasis teknologi informasi.

Rektor IAIN Parepare Dr. Ahmad Sultra Rustan dalam sambutannya mewajibkan mahasiswa yang akan menjadi pengurus Organisasi kemahasiswaan (Ormawa) kampus, nantinya harus memiliki sertifikat PBAK sebagai tanda bukti telah lulus mengikuti kegiatan tersebut.

Selain itu, Ahmad juga mengajak mahasiswa untuk aktif dalam keorganisasi tanpa mengindahkan aktivitas perkuliahan.

“Tidak ada organisasi kemahasiswaan di IAIN Parepare ini yang mengajari anggotanya bermalas-malasan dan mengutamakan kegiatan organisasi daripada perkuliahan. Semua organisasi kemahasiswaan tetap mengedepankan perkuliahan disamping organisasi. Organisasi sukses, menuntut ilmu juga sukses,” jelas Rektor IAIN Parepare, Dr Ahmad Sultra Rustan sebelum membuka kegiatan.

Adapun tujuan dilaksanakannya PBAK, sebagai berikut: mengembangkan pemahaman dan penghayatan peserta terhadap sistem pendidikan di IAIN Parepare, mengembangkan kecerdasan spritual, emosional, intelektual dan sosial peserta, memupuk semangat Drsolidaritas dan toleransi antara civitas akademika, mengembangkan rasa memiliki dan tanggungjawab akademik, sosial terhadap disiplin ilmu, mengembangkan sikap kritis dan kreatif mahasiswa serta mengembangkan nilai-nilai kearifan lokal.(*)

Reporter : Hamdan
Editor: Dian Muhtadiah Hamna

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda