Forum Pengembang Ajatappareng

OPINI : Puasa Muhasabah Covid-19

hamka
Oleh : Hamka*

OPINI — Perbincangan tentang Covid-19 atau virus corona memang belum berakhir. Hampir di banyak negara masih dihantui dan dilelahkan lantaran virus yang mengerikan ini.

Dengan diberlakukannya lockdown, maka segala bentuk aktivitas yang mengumpulkan banyak orang akhirnya dikurangi bahkan ditiadakan. Di tengah pandemi virus corona, umat Islam sedang berpuasa di bulan suci ramadan.

Bagi pemeluk agama Islam, ramadan adalah bulan di mana mereka diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa.

Semua umat muslim pasti gembira menyambut bulan yang mulia ini. Bagaimana tidak, bulan ramadan adalah bulan di mana diturunkannya kitab suci Al-Qur’an, dan dilipatgandakan segala amal kebajikan.

Namun puasa ramadan tahun ini sangat berbeda bagaimana mengisi bulan puasa ramadan di tengah pandemi virus corona. Bagaimana meraih amalan-amalan baik seperti silaturahmi dan salat tarwih? Sedangkan pemerintah menganjurkan masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah dan berkumpul bahkan untuk salat tarawih yang biasa dilaksanakan secara berjemaah di masjid kini dilaksanakan di rumah masing-masing.

Tentunya banyak pertanyaan yang harus dijawab agar umat muslim mempunyai jalan keluar, tentu perlu edukasi terutama untuk masyarakat awam bahwa menjalankan amalan-amalan di bulan ramadan ini tetap bisa dilakukan meskipun di rumah.

Di antara banyak amalan, yang paling dimeriahkan oleh umat muslim saat ramadan adalah salat tarawih dan tadarus Al-Quran. Dua amalan tersebut banyak dipraktikkan kaum muslim. Karena berbuah pahala, dan anjuran Nabi Muhammad saw.

Hikmah puasa ramadan tahun ini diwarnai dengan situasi pandemi Covid-19, dijadikan sebagai momentum muhasabah diri. Wabah virus dan kemunculan banyak penyakit harus dimaknai secara positif bahwa Allah sedang menguji dan menegur makhluk-Nya.

Sejenak saudaraku umat muslim mari kita refleksikan ramadan di tahun-tahun lalu, kesibukan di luar rumah yang menjadi rutunitas kita, seperti bekerja, berbisnis, atau berpergian sering kali menghabiskan waktu, sehingga tak jarang melupakan atau meninggalkan amalan-amalan di bulan puasa ramadan, padahal sangat disayangkan melewatkan momentum tahun ini.

Pada tahun ini ada hikmah di balik situasi pandemi ini, yakni umat muslim bisa punya banyak waktu untuk menjalankan amalan baik seperti membaca Al-Qur’an, yang sering diabaikan lantaran kita disibukkan dengan banyak aktivitas duniawi yang dilakukan di bulan puasa. Namun kali ini kita dianjurkan untuk tetap di rumah saja.

Wallahu a’lam.

#Garbiforumleadership
#Masyarakattanpariba
#Dakwahsinaragung

*Penulis adalah Founder Sinar Agung 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News