Opini Fiksi: A dan X

Burung cendrawasih masih setia bertengger pada dahan-dahan pohon di belantaran hutan Papua. Sinesty, anak kepala suku Asmat masih asyik dengan ukiran kayunya, dia berharap ukirannya dapat menyerupai keindahan cendrawasih.

Mendekati senja, tiba-tiba terdengar makhluk besar menyerupai manusia mengamuk tidak jauh dari pedalaman tempat sukunya berada. Sin datang menghampiri adiknya Sinesty, mengendongnya dengan terburu-buru, berlari kencang dan mencari perlindungan. Kepanikan terjadi, orang-orang berlarian menyelamatkan diri. Sin dan Sinesty menuju pesisir pantai berharap perahu melintas dan mereka dapat gunakan menuju ke goa Mbis.

Makhluk besar yang mengamuk di pedalaman suku Asmat itu, akhirnya terdeteksi radar TNI AU. Hulk, memporak-porandakan hutan, juga pemukiman. Tak cuma itu Hulk sepertinya mengincar sesuatu, dan benar saja Hulk sedang menuju pusat pertambangan Freeport. Dimulai dari menghancurkan basis hunian para pekerja Freeport di Tembaga Pura, Hulk juga tak sungkan-sungkan meratakan dengan tanah area pertambangan Erstberg dan Gresberg yang dikelola PT. Freeport.

Laporan cepat diterima oleh Istana Nusantara, di Palangkaraya. Presiden J bertindak cepat menghubungi Paris France, meminta bantuan bernegosiasi dengan Prof. X. Hulk diketahui sudah tidak terkendali, sangat meresahkan. Laporan sama juga telah sampai di White House USA, setelah diterimanya utusan Freeport dari Phoenix Arizona. Mendengarkan salah satu aset besar mereka dihancurkan, Mr. D, Presiden Amerika berang dan segera memanggil Jendral Nick Fury.

Prof. X yang menerima kabar dari Paris perihal kejadian di Nusantara segera menghubungkan telepatinya merasakan kejadian tersebut. Dari London diutuslah Storm (Ororo Munroe) dan Jean Grey berangkat ke Nusantara untuk menghentikan Hulk. White House juga mengirimkan utusan Avengers setelah Mr. D mampu meyakinkan Jendral Fury untuk menyelamatkan aset Freeport. Jendral Fury meminta Tony Stark (Iron Man) mengutus Vision dan James Rhodes (War Machine). Sepeninggal Steve Rogers (Kapten Amerika) pada civil war, Avengers dipercayakan kepada Tony Stark.

Sebelum kedua belah utusan ini tiba, terlebih awal Natasha Romanova (Black Widow) telah tiba di Papua dengan menumpang sebuah perahu. Natasha sempat berpapasan dengan Sin dan Sinesty, serta mendengarkan cerita dari keduanya perihal apa yang terjadi. Black Widow semakin yakin bahwa ini adalah ulah Dr. Bruce Banner alias Hulk. Tidak dapat dipungkiri perasaan Natasha pada Bruce setelah ditinggalkan pada Age Of Ultron, Black Widow memendam rindu yang dalam. Informasi perihal keberadaan Hulk didapatkan lebih awal dari kawat rahasia Rusia. Natasha menyusul Hulk ke Tembaga Pura namun keadaan sudah tidak dapat terselamatkan. Hulk telah sampai di pusat pertambangan Freeport. Natasha akhirnya dapat berhadapan dengan Hulk yang nampak sangat berbeda, sorot matanya, wujud tubuhnya semakin besar, analisa awal Natasha, ada kesalahan formula yang dilakukan oleh Dr. Bruce pada dirinya. Namun yang mengganjal dalam pikirannya, buat apa Hulk berada di tempat ini?, apakah ada yang mengirimnya?. Sebelumnya Dr. Bruce memilih tinggal di bukit tinggi Rusia menenangkan dirinya dan jauh dari keramaian.

Black Widow berusaha menahan penghancuran Hulk dengan tatapan seperti yang biasa dilakukannya. Namun itu tidak berpengaruh apa-apa, Black Widow dihempaskan, terbentur pada dinding gunung pertambangan. Beberapa kali terkena serangan, Natasha berusaha menghindar, dia merasa Hulk tidak mengenalinya walau sebersit harapan masih terlihat dari nanar matanya tentang Bruce Banner dalam diri Hulk. Sambil menahan rasa sakit dengan sisa-sisa tenaga, Natasha merayap berusaha sampai pada sebuah mulut goa, dan Hulk terus mengikutinya dari belakang. Saat hendak mengakhiri hidup Black Widow, Thor Odinson tiba-tiba muncul dari Asgardian menghadang Hulk, mjonir senjata berupa palu dari Thor dihentakkan ke tanah dan Hulk tak bergeser sedikitpun dari tempatnya berdiri. Efek dari kekuatan mjonir tidak terasa untuk Hulk. Thor lalu berusaha berputar dan mengarahkan senjatanya dari atas dan menghantamkannya pada Hulk, namun tidak mempan, Thor terhempas. Walau sebelumnya Thor telah menduga hal tersebut. Catatan langit yang diterimanya, extrak buah khuldi telah disuntikkan formulanya pada diri Hulk. Buah para nabi itu kini menyatu dalam dirinya. Kehampaan menyelimutinya dan bisa jadi kekuatan sebesar apapun tak mempan padanya. Thor pun terus berjibaku melindungi Natasha hingga Storm, Jean Grey, Vision, dan War Machine tiba di areal pertambangan yang kini berubah menjadi areal pertarungan.

Jean dengan sigap berusaha menembus alam bawah sadar dari Hulk, berusaha mengendalikannya. Storm meledakkan langit dengan petir dan guntur menderu diatas Freeport, War Machine melepaskan berbagai tembakan roket untuk meledakkan Hulk, Vision bersegera menolong Natasha dan membawanya masuk kedalam goa. Sekali lagi Thor dengan serentak ikut menghentakkan palu mjonir miliknya. Serangan itu datang bersamaan dengan target utama adalah Hulk.

Asap mengepul, pasir datang seperti hujan, berhamburan menutup kilau matahari yang sebentar lagi senja. Sekilas tabir serangan itu selesai dan Hulk tetap berdiri tegak di tempatnya tidak merasakan apa-apa. Kali ini Hulk menunjukkan amarahnya dan kembali menyerang, satu persatu diserangnya dan disudutkan. Pertarungan kembali terjadi. Mereka melakukan berbagai cara untuk menghentikan Hulk, namun utusan Avengers dan X Men ini kembali terpojok dan memilih untuk mengamankan diri di dalam goa bersama Vision yang sedang mengobati Natasha.

Mereka berdiskusi dan tidak menyangka kekuatan Hulk dapat sekuat itu. Thor pun menceritakan perihal kekuatan buah khuldi. Buah yang menjadi penyebab dikeluarkannya nabi pertama Adam dari surga dan diturunkan ke Bumi. Khuldi adalah kekekalan. Thor menambahkan ada beberapa yang pernah merasakan kekuatan khuldi ini, Dr. Banner sepertinya menyusuri hal tersebut dan ingin menyempurnakannya. Sebagian telah dia dapatkan di pebukitan Rusia namun untuk mendapatkan kesempurnaannya dia mencarinya disini. Freeport. Suku setempat menyakini bahwa disini ada dermaga dimensi pemberangkatan bebas untuk menuju ke Surga tempat asal buah khuldi ditanam. Dapat dibuka oleh dua orang bersaudara sebagai penunjuk jalannya. Paling tidak itu yang tercatat pada ramalam bangsa Argadian.

Hulk masih mengamuk di luar, sepertinya memang ada yang dicari, dan bila tidak meleset Hulk berusaha mencari dermaga dimensi yang dimaksudkan oleh Thor. Mengingat apa yang pernah disampaikan Odin ayah dari Thor bahwa makhluk yang berada di bawah pengaruh khuldi/kekekalan tidak mampu mengenali dirinya dan membutuhkan kesempurnaan itu agar dapat mengendalikan dirinya. Efek dari semua ini bila tidak dapat terkendali maka akan terjadi perang yang tidak bisa terbayangkan lagi akibatnya. Satu-satunya adalah kehancuran alam semesta. Terbukanya dermaga dimensi untuk menuju taman firdaus tempat buah khuldi tumbuh merupakan tanda perang menantang pasukan surga.

Vision telah menghubungi Iron Man dan menyampaikan segala informasi yang diterimanya, begitu juga Jean telah menyampaikan pada Prof X untuk mengutus team X Men menuju Timika Papua, tempat dermaga dimensi yang sedang dicari oleh Hulk.

Matahari pelan-pelan jatuh pada pelukan malam, langit merah maroon menyeruak. Sinesty dan Sin masih diatas perahu menyusuri gelap dituntun kunang-kunang menuju goa Mbis. Tempat dikerjakannya pemahatan ukiran suku Asmat berupa wuramon atau motif yang menyerupai perahu, yang mereka percayai sebagai simbol perahu arwah dan membawa nenek moyang mereka menuju alam arwah untuk menikmati nirwana. Bagi penduduk asli suku asmat, seni ukir kayu lebih merupakan sebuah perwujudan dari cara mereka dalam melakukan ritual untuk mengenang arwah para leluhurnya. Sinesty dan Sin akhirnya tiba di mulut goa Mbis, gemericik air terdengar dari atap goa, rembesan air segar membasahi kulit dua bersaudara itu. Tubuh mereka berubah warna menjadi merah setiap masuk kedalam goa Mbis. Uniknya hanya mereka berdua yang merasakan hal tersebut. Hal itu pernah ditanyakan pada ayahnya Yi-ow, kepala suku Asmat. Namun Yi-ow hanya tersenyum dan berkata, suatu hari jawabannya akan menjemput kalian.

Tim X Men telah mendarat di Tembaga Pura, Logan (Wolverine) nampak turun dari pesawat bersama dengan Erik Magnus (Magneto), Scoot Summers (Cylops), Peter Rasputin (Colossus), Clarice Ferguson (Blink), Kurt Wagner (Nightcrawler), Mytique (Raven Darkholme), dan terlihat juga Wade Wilson (Dead Pool) yang terus mengoceh mengganggu tim X Men lainnya. Mereka langsung menuju ketempat dimana Hulk memporak-porandakan Freeport.

Dalam waktu yang hampir bersamaan Iron Man tiba bersama Peter Parker (Spiderman), Janet Van Dyne (The Wasp) istri dari Scoot Lang (Ant Man) yang sedang mencari suaminya, begitu juga Barbara Barton (Mocking Bird) pasangan dari Clint Barton (Hawk Eye). Stark tak menduga keduanya ini akan ikut serta dengannya, dan menjadikannya pengawal.

Tak menunggu lama, pasukan X Men memulai serangan kepada Hulk, Magneto menggerakkan tenaga baja berdaya lebih besar setelah Apocalypse, Cylops bersiap menyemprotkan sinar laser matanya, Colussus menyerang Hulk dari depan dan bertarung head to head, dengan mudah Colossus dihempaskan, untungnya Blink membuat portal penyelamatan untuk rekannya agar tak terbentur pada dinding batu. Blink terus membuka portal-portal segala arah berusaha menjebak Hulk agar masuk ke dalamnya, Nightcrawler dengan kemampuan berpindah-pindah dengan cepat mengantarkan Mystique dan Deadpool juga Wolverine melakukan serangan jarak dekat. Secara bersamaan dilakukan dibantu juga oleh Iron Man dengan serangan bertubi-tubi, Spiderman mengikat Hulk dan berusaha menjatuhkannya, The Wasp dan Mocking Bird bersatu dengan tim yang ada di goa.

Serangan demi serangan dilancarkan hingga Hulk mengaung sangat keras dan membuat Avengers dan X Men terhempas satu persatu, pukulan-pukulan keras Hulk melemparkan Wolverine dan Dead Pool terbujur di tanah. Iron Man mengalami kerusakan, Mystique harus berusaha berdiri dengan sisa-sisa kemampuannya. Magneto dan Cylops masih terus menyerang jarak jauh, namun itu tidak bertahan lama. Hulk melompat kearah Magneto dan berusaha menerjangnya, Helm Magneto terlepas dan sedikit lagi Hulk mendaratkan pukulan di wajahnya. Wanda Maximoff (Scarlett Switch) tiba-tiba mampu menghempaskan Hulk dan mendekati Magneto yang tak lain adalah ayahnya, membopongnya menuju goa.

Tim Kapten Amerika pada civil war akhirnya tiba juga di areal pertarungan yang sama dengan kapal selam pemerintah Wakanda. Natasha Romanova mengirimkan pesan rahasia kepada Clint Barton (Hawk Eye) setelah mendengarkan cerita Thor dan berharap bantuan. Bucky (Winter Soldier), bergegas menolong Iron Man, Sam Wilson (Falcon) terbang menyelamatkan Wolverine, Mystique dan Deadpool yang terhempas oleh serangan Hulk, Ant Man menyelamatkan Spiderman yang terpukul jauh dan tergantung pada tower pengawasan, Black Panther (T’challa) berusaha menahan serangan Hulk yang ditujukan pada Colossus dan Blink, bersama dengan Nightcrawler, Black Panther membawa lari mereka berdua menuju goa dikawal oleh Kapten Amerika.

Semua pasukan Avengers dan X Men kini berada dalam goa, mereka saling tatap, suasana kekeluargaan sangat terasa, mereka tersenyum dalam kegelisahan. Thor berpelukan dengan Kapten Amerika dan Iron Man. Lama saling menatap, suasana sempat hening mengingat pertarungan di civil war, Kapten Amerika menjulurkan tangan untuk menjabat Stark dan berpelukan, Stark tersenyum kearah Bucky Winter Soldier. Sebuah tanda haru, mengikhlaskan apa yang telah terjadi. Ant Man akhirnya bertemu dengan The Wasp, Hawk Eye berpelukan dan berciuman dengan Mocking Bird, dan mengundang ledekan dari Spiderman dan Deadpool yang sama-sama bertemu pada arena adu mulut komedi ala mereka.

Di mulut goa, Hulk terdengar berusaha masuk dan menghancurkan dinding goa, Blink berusaha membuka portal dengan meminta bantuan Jane Gray membaca letak ruang kosong yang dapat diteleportasi. Jane akhirnya menemukan ruang kosong yang sepertinya banyak diisi oleh air. Setelah mendiskusikan dengan alot, mengingat Hulk semakin dekat dengan mereka. Diputuskan untuk berpindah pada ruang tersebut. Dengan bantuan Jane dan Nightcrawler, Blink memindahkan satu persatu tim Avengers dan X Men. Belum selesai proses itu Hulk berhasil menembus goa, Vision terbang mengalihkan perhatian Hulk dan melancarkan serangan, namun tidak berpengaruh dan tidak terasa oleh Hulk, Vision dikejar Hulk keluar dari goa dan menghempaskan Vision diatas tumpukan batu bara. Teringat di age of ultron keduanya sempat bertarung dengan sengit.

Selesai proses teleportasi, ternyata mereka semua berpindah ke dermaga dimensi, dimana Sin dan Sinesty mempersiapkan pelayaran menggunakan wuramon/perahu arwah. Mereka tak mengetahui kemana mereka akan menuju. Mereka hanya ingin menyelamatkan diri. Thor menahan Sin dan Sinesty, namun tiba-tiba dihentikan oleh Wolverine, cakar baja dari tangannya terbuka. Terjadi ketegangan antara Avengers dan X Men, satu persatu memisahkan posisi. Wolverine berpikir untuk membiarkan mereka pergi, sedangkan Thor menghalangi mereka karena itu akan mengundang respon pasukan surga. Keadaan semakin menegang. Thor menghempaskan palu mjinor miliknya, Kapten Amerika berusaha menahan namun terlanjur, Storm membalasnya dengan gemuruh petir yang menyambar-nyambar dan menghujam kearah Avengers, membuat pegunungan tempat dermaga dimensi tersebut terbelah. Sin dan Sinesty dibiarkan berangkat oleh X Men, Wolverine menahan kapten Amerika, terjadi pertarungan antar mereka, Magneto memeluk anaknya Wanda dan menahannya agar tidak ikut bertarung, begitu juga Mockingbird menahan Hawk Eye, Ant Man ditahan oleh The Wasp. Iron Man kembali bertarung dengan Winter Soldier, Black Panther berusaha melerainya, Jane mengendalikan pikiran Natasha untuk membujuk tim Avengers tetap tenang. Natasha berteriak pada teman-temannya untuk menghentikan pertarungan ini. Spiderman dan Deadpool yang sedari tadi juga bertarung, mendengarkan ada aba-aba berhenti langsung tos five, dan berpelukan.

Natasha bertanya kepada teman-temannya, apakah mereka bersedia untuk menyelamatkan Hulk yang sedang tak terkendali, beringas, satu-satunya cara adalah mengantarkannya menemukan kesempurnaan buah khuldi agar Hulk dapat mengenali dirinya kembali. Walau konsekuensinya harus berhadapan dengan pasukan surga. Sejenak hening, Vision muncul dari lubang gunung yang terbelah, Hulk sedang menuju kesini setelah mendengarkan ledakan palu Thor dan geledek dari Storm, Hulk sambil berlari mendaki pegunungan Freeport.

Avengers dan X Men menarik nafas dan bersiap untuk bertarung kembali dengan Hulk, atau membiarkan Hulk datang dan mengarahkannya naik ke atas wuramon. Natasha meminta tolong kepada Falcon yang berdiri di sampingnya untuk diantarkan naik keatas perahu arwah menuju surga, walau dia tahu sulit untuk mendapatkan buah khuldi di taman firdaus. Falcon menatap Natasha dalam dan terbang mengantarnya ke atas perahu arwah. Setiap anggota Avengers dan X Men bertatapan. Bersamaan melompat Kapten Amerika dan Wolverine keatas perahu. Mereka saling tatap dan mengangguk. Satu per satu Avengers dan X Men naik keatas perahu, solidaritas untuk menyelamatkan Hulk. Sin dan Sinesty diminta menghentikan laju perahu sejenak untuk menunggu keputusan Thor yang masih belum bergerak dari tempatnya.

Hulk akhirnya mendarat di dermaga dimensi, lompatannya sangat keras, pas di hadapan Thor. Hulk menatap Thor dan melancarkan serangan, ditahan oleh Thor. Jean menghubungkan pikirannya dengan Prof. Xavier yang mengamati pertarungan didampingi oleh Beast di Sekolah X Men, London. Prof X berusaha masuk kedalam pikiran Hulk dan melemahkannya. Jean mengikatnya dengan tali bayangan. Hulk masih terus mengamuk. Kode diberikan oleh Wolverine kepada Blink dan Nightcrawler untuk membawa Hulk keatas perahu arwah. Dengan bantuan hentakan energi dari palu Thor, Hulk dapat diteleportasi berpindah ke atas perahu arwah. Thor pun bersegera menyusul dan memilih naik keatas perahu arwah. Kapten Amerika menepuk bahu Thor. Sin dan Sinesty meletakkan kedua tangan mereka pada papan kemudi perahu yang membentuk sepasang telapak tangan dari dua orang. Mereka memasukkan tangan mereka dan pas, dari perahu itu menjalar ketubuh mereka kilau cahaya dan membuat Hulk pingsan dalam perjalan dimensi menuju taman firdaus untuk kesempurnaan buah khuldi.

Apakah yang akan dihadapi oleh Avengers dan X Men?

Seperti apakah pasukan surga, atau dikenal dengan sebutan Malaikat dan Iblis itu?

…to be continued…

Parepare, 23 Januari 2017,

ditulis oleh:

MUHAMMAD IBRAHIM LEMAN / @ibrahlaiman

 

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda