OPINI : Dinasti Politik, Upaya Rezim Langgengkan Kekuasaan

Suratiyah
Oleh : Suratiyah (Pegiat Dakwah dan Member AMK)

OPINI — Dinasti politik di negeri ini semakin tumbuh subur. Sampai saat ini sudah mencapai 178 dinasti politik yang berasal dari partai. Dinasti politik tersebut  bukan hanya dari keluarga Presiden Jokowi saja, akan tetapi dari keluarga Presiden Sukarno, Suharto, Gusdur, dan Susilo Bambang Yudhoyono pun ikut melakukannya.

Seperti yang sedang viral saat ini. Yaitu majunya Gibran Rakabuming dan Bobby Afif Nasution sebagai walikota di Solo dan Medan. Tidak ketinggalan Rahayu Saraswati keponakan dari Prabowo Subianto dan putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin yaitu Siti Nur Azizah akan mencalonkan diri sebagai walikota kota Tangerang Selatan. (kompas.com, 18/7/2020)

Tentu hal ini bukan suatu keanehan bila terjadi di negara yang menerapkan demokrasi. Sebab, beban biaya sistem demokrasi ketika mengadakan pemilu tidak sedikit. Setiap calon bisa mengeluarkan ratusan sampai miliaran rupiah demi meraih kedudukan tersebut. Hal ini mengakibatkan kekuasaan hanya akan dipegang segelintir orang saja. Mengingat sebagian besar penduduk negeri ini tergolong miskin. Walaupun, memiliki kemampuan dan prestasi.

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda

Pijar News di di Google News