Nasabah Keluhkan ATM BRI Tak Bisa Dipakai di Luar Negeri, Ini Bantahan BRI

ATM yang diduga tak bisa digunakan di ATM luar negeri.
ATM yang diduga tak bisa digunakan di ATM luar negeri.

PAREPARE, PIJARNEWS.COM — Sejatinya menjadi nasabah bank bisa memudahkan aktivitas transaksi keuangan. Hanya saja kemudahan itu tidak semua bisa dirasakan oleh nasabah.  Seperti halnya yang dialami Zuljaya Fatahuddin. Ia mengeluhkan Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik Bank Rakyat Indonesia (BRI) tidak bisa digunakan di Luar Negeri. Keluhan tersebut diungkap Zuljaya pada Sabtu (29/6/2019).

Zuljaya Fatahuddin adalah salah satu dari ribuan nasabah BRI di Kota Parepare yang mengeluhkan hal itu. Menurutnya, ATM BRI tidak bisa digunakan bertransaksi di Luar negeri.  Jaya—sapaan akrabnya kepada PIJARNEWS mengemukakan, ATM BRI miliknya tidak bisa digunakan saat ingin bertransaksi di luar negeri.

“Kecewaku, saya mau top up kartu belanja di Hongkong menggunakan kartu ATM BRI ternyata tidak bisa. Selalu ditolak. Padahal ATM baru berlogo GPN. Setelah saya menggunakan ATM BNI baru bisa bertransaksi,” keluhnya.

Jaya baru saja melakukan perjalanan ke Luar Negeri yakni di Hongkong untuk mengikuti sebuah kegiatan training. Hingga tiba di Indonesia, Jaya mengeluhkan hal itu. Ia mengaku ATM BRI di Hongkong tidak bisa digunakan.

Dari bentuk fisiknya ada perbedaan dari kartu ATM BRI dan Kartu ATM BNI. ATM BNI memiliki hologram bertuliskan Master Card sementara ATM BRI tidak memiliki hologram tersebut. Hal ini yang menjadi kecurigaan Jaya sehingga tidak bisa digunakan di Luar Negeri.

“Jadi saat saya di sana tidak pernah menggunakan ATM BRI, padahal tabungan saya kebanyakan di sana. Beruntung, saya punya tabungan BNI jadi saya pakai ATM BNI saja,” kata Jaya.

Sementara itu, kepada PIJARNEWS, salah seorang karyawan BRI yang namanya enggan dipublikasi menyatakan, semua jenis kartu ATM bisa digunakan bertransaksi keuangan di Luar Negeri. “Jadi semua jenis kartu ATM bisa digunakan untuk transaksi keuangan di luar negeri, asalkan di kartu ATM tersebut tertera logo MasterCard atau Visa Card. Diantaranya Classic Card, Gold Card, Bisnis Card, dan Prioritas Card. Ini khusus produk kami di BRI,” urainya.

Lebih lanjut ia menambahkan, kalau untuk private card sendiri hanya dapat digunakan di semua mesin ATM BRI dan mesin ATM Bank lain yang ada logo ATM bersama –nya. “ Seperti yang bapak maksud  berwarna biru ada logo GPN,” tutupnya.(*)

Reporter : Amiruddin
Editor : Alfiansyah Anwar

Bagikan :

Komentar

Komentar Anda